Cara Membuat Serbuk Sabut Kelapa yang Berkualitas

Cara membuat serbuk sabut kelapa atau yang lebih dikenal dengan cocopeat adalah salah satu media tanam yang akhir akhir ini sedang ramai. Karena pembuatannya menggunakan sabut kelapa yang tentunya mudah didapatkan, aman, dan memiliki banyak manfaat karena terbuat dari bahan alami.

Tak hanya itu, serbuk sabut kelapa ini juga sering kali dipilih untuk menggantikan tanah. Karena fungsi dari tanah juga terdapat pada serbuk sabut kelapa ini. Jika orang yang tidak tahu maka akan mengabaikan sabut kelapa, karena biasanya orang orang hanya memanfaatkan buah kelapanya saja.

Oleh karena itu, jika kamu ikut serta membuat serbuk sabut kelapa maka kamu telah ikut serta juga dalam pemanfaatan sampah dengan baik. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai serbuk sabut kelapa kamu dapat membaca artikel ini sampai habis. Karena disini kita akan membahas seputar cara membuat serbuk sabut kelapa. Silahkan disimak!

 

Serbuk Sabut Kelapa

serbuk sabut kelapa

Dilihat dari namanya, orang-orang pasti sudah tahu bahwa serbuk sabut kelapa ini dibuat dari sabut kelapa yang kemudian diolah menjadi serbuk atau butiran butiran halus. Pada pengolahan tersebut kamu dapat menggunakan mesin pengurai sabut kelapa.

Seperti yang sudah dikatakan di awal bahwa serbuk sabut kelapa ini juga biasa disebut dengan cocopeat. Yang merupakan salah satu media tanam organik. Cocopeat umumnya memiliki sifat yang mudah menyerap, dapat menyimpan air, memiliki pori yang akan memudahkan pertukaran oksigen serta masuknya cahaya matahari dan dapat membuat tanah terjaga kegemburannya.

 

Keunggulan Menggunakan Serbuk Sabut Kelapa

Setiap hal pasti akan memiliki keunggulan dan kelebihannya, terlebih lagi serbuk sabut kelapa ini merupakan salah satu media tanam yang terbuat dari bahan organik. Jadi hal tersebut akan sangat amat berpengaruh pada setiap tanaman yang ditumbuhi oleh serbuk sabut kelapa. Berikut ini merupakan keunggulan jika kamu menggunakan serbuk sabut kelapa.

1. Ramah Lingkungan

Mengingat bahan dasar dari pembuatan serbuk sabut kelapa ini merupakan sabut kelapa yang termasuk bahan organik, tentu saja serbuk sabut kelapa memiliki keunggulan yang ramah lingkungan. Terlebih lagi dengan penggunaan serbuk sabut kelapa nantinya dapat langsung terdegradasi jika sudah tidak dipakai lagi.

2. Mudah Digunakan

Keunggulan ini sangat benar, karena tekstur dari serbuk sabut kelapa yang mirip dengan tanah maka akan semakin mudah digunakan pada tanaman. Dengan penggunaan serbuk sabut kelapa pun perawatannya akan lebih mudah jika dibandingkan dengan media tanam yang lain.

3. Lebih Awet

Dengan menggunakan bahan organik tentu saja serbuk sabut kelapa ini akan lebih tahan lama, selain itu serbuk sabut kelapa juga dapat melindungi tanaman dari serangan hama karena tekstur dari serbuk sabut kelapa.

 

Cara Membuat Serbuk Sabut Kelapa

cara membuat serbuk sabut kelapa

Dalam pembuatannya sebenarnya cukup mudah, terlebih lagi jika kamu memang sudah mempunyai berbagai mesin ataupun alat yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan :

Cara Membuat :

  1. Cara pertama yaitu kamu harus memilih serat sekam dari buah kelapa yang matang
  2. Selanjutnya hilangkan senyawa kimia yang ada pada sabut kelapa dengan merendamnya kurang lebih selama 6 bulan.
  3. Jika sudah melewati proses perendaman kamu dapat membuat sabut kelapa tadi menjadi serbuk menggunakan mesin pengurai sabut kelapa. Atau jika kamu tidak memilikinya kamu dapat membuatnya dengan mencacah tipis sabut kelapa.
  4. Kemudian jemur serbuk sabut kelapa tadi selama 1 hari, atau setidaknya sampai kadar air telah berkurang.
  5. Cara yang berikutnya adalah proses pengayakan dengan menggunakan mesin pengayak sabut kelapa. Pada cara ini kamu dapat melakukannya berkali kali supaya mendapatkan hasil serbuk dengan sama panjang serta maksimal.
  6. Lalu dilanjutkan dengan proses pencucian, kamu bisa melakukannya saat hujan supaya pencucian yang dihasilkan lebih maksimal.
  7. Setelah itu kamu dapat mengeringkannya. Jika sudah kamu dapat langsung menggunakannya, namun jika kamu ingin menjualnya kamu dapat mengemas serbuk sabut kelapa ini dengan plastik yang kemudian di press.

 

Penutup

Membuat serbuk sabut kelapa harus dilakukan dengan tepat, karena jika tidak serbuk sabut kelapa yang digunakan akan tidak maksimal dan bisa membuat tanaman yang kita tanam terkena imbas dari kelalaian kita dalam membuat serbuk sabut kelapa. Semoga cara membuat serbuk sabut kelapa tadi dapat membantu kamu. Semoga bermanfaat!