Merawat Kerajinan Tembaga dan Kuningan Agar Tetap Indah dan Awet

Punya kerajinan tembaga dan kuningan di rumah? Biar tetap indah dan awet, perawatannya juga harus maksimal, lho!

Kerajinan tembaga dan kuningan memang punya daya tarik tersendiri. Warnanya yang berkilau dan desainnya yang artistik bisa mempercantik ruangan mana pun. Tapi, agar tetap terlihat cantik dan tahan lama, kerajinan ini butuh perawatan yang tepat. Yuk, simak tips merawat kerajinan tembaga dan kuningan agar selalu terlihat indah dan awet.

kerajinan kuningan

  1. Bersihkan Secara Rutin
    • Tembaga dan kuningan bisa berubah warna seiring waktu karena proses oksidasi. Untuk menjaga kilau alami logam ini, bersihkan secara rutin dengan kain lembut yang sedikit lembab. Hindari penggunaan air yang terlalu banyak, cukup usapkan kain basah dan lap kering sesudahnya. Pembersihan rutin ini akan mencegah kotoran dan debu menumpuk yang bisa menyebabkan logam terlihat kusam.
  2. Gunakan Produk Pembersih yang Tepat
    • Ada banyak produk pembersih khusus untuk tembaga dan kuningan yang bisa kamu gunakan. Pilihlah pembersih yang memang dirancang untuk logam ini agar hasilnya maksimal dan tidak merusak permukaan. Kamu juga bisa membuat pembersih alami dengan mencampur cuka dan garam, lalu gosok perlahan menggunakan kain lembut. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lap kering.
  3. Hindari Paparan Langsung Matahari
    • Paparan langsung sinar matahari bisa membuat warna tembaga dan kuningan memudar lebih cepat. Tempatkan kerajinan logam ini di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika memang harus ditempatkan di dekat jendela, pertimbangkan untuk menggunakan tirai atau penutup jendela untuk mengurangi intensitas sinar yang masuk.
  4. Simpan di Tempat Kering
    • Kelembaban bisa mempercepat proses oksidasi pada tembaga dan kuningan, membuatnya lebih cepat berubah warna. Pastikan untuk menyimpan kerajinan ini di tempat yang kering dan jauh dari sumber kelembaban. Jika kamu tinggal di daerah yang lembab, pertimbangkan untuk menggunakan dehumidifier atau penyerap kelembaban di ruangan tempat kerajinan tersebut disimpan.
  5. Gunakan Lapisan Pelindung
    • Melapisi permukaan tembaga dan kuningan dengan pelindung khusus bisa membantu mencegah oksidasi dan mempertahankan kilau alami logam. Ada berbagai jenis pelindung yang bisa kamu gunakan, seperti lilin atau semprotan pelindung logam. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar agar hasilnya optimal.
  6. Hindari Bahan Kimia yang Keras
    • Hindari menggunakan bahan kimia yang keras seperti pemutih atau pembersih berbasis amonia, karena bisa merusak permukaan tembaga dan kuningan. Bahan kimia ini bisa menyebabkan logam menjadi pudar atau bahkan merusak tekstur permukaannya. Gunakan pembersih yang lembut dan ramah logam untuk menjaga keindahan dan keawetannya.
  7. Periksa Secara Berkala
    • Lakukan pemeriksaan rutin pada kerajinan tembaga dan kuningan untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan atau oksidasi yang berlebihan. Jika menemukan bercak atau noda, segera bersihkan agar tidak menyebar. Pemeriksaan rutin ini juga membantu kamu untuk segera mengambil tindakan pencegahan jika ada potensi masalah.
  8. Pemolesan Secara Berkala
    • Memoles tembaga dan kuningan secara berkala bisa mengembalikan kilau yang hilang dan menjaga tampilannya tetap indah. Gunakan bahan pemoles khusus logam dan ikuti instruksi dengan hati-hati. Pemolesan ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, cukup beberapa kali dalam setahun, atau saat kilau logam mulai terlihat pudar.

Merawat kerajinan tembaga dan kuningan memang memerlukan sedikit usaha, tetapi hasilnya pasti sepadan. Dengan perawatan yang tepat, kerajinan ini akan tetap terlihat indah dan tahan lama, mempercantik rumah kamu dengan kilau dan desainnya yang unik. Ingat, perawatan rutin dan penggunaan produk yang tepat adalah kunci untuk menjaga keindahan dan keawetan kerajinan logam kesayanganmu. Jadi, pastikan untuk merawatnya dengan baik agar selalu tampil maksimal dan memukau!

Namun, Jika anda merasa ragu untuk mengerjakan itu semua sendiri, tenang aja, layanan seperti satuma-kraf.com bisa mengerjakan pembersihan dan repair ulang produk tembaga kesayangan anda.