Usaha Susu Jagung

Usaha susu jagung merupakan bisnis minuman susu yang terbuat dari jus jagung. Akhir akhir ini bisnis rumahan susu jagung sedang populer di tengah masyarakat. Bahan dasar susu jagung sangat mudah ditemukan, petani lebih suka menanam jagung manis karena harga jualnya cukup fantastik, mudah dipasarkan, masa tanam pendek dan mudah dalam perawatannya.

Jagung memiliki banyak nutrisi yang juga penting bagi tubuh, seperti karbohidrat dan lemak. Karbohidrat dalam jagung terdiri dari gula, pati, serat kasar dan pentosan, dengan pati ini terdiri dari amilosa dan amilopektin dan gula yang disebut sukrosa.

Kandungan lemak jagung terletak di intinya, asam lemak penyusunnya adalah asam lemak jenuh yaitu asam lemak palmitat, stearat dan tak jenuh yaitu asam linoleat dan oleat. Protein jagung memiliki komposisi asam amino yang baik.

Namun jagung ini mengandung triptofan dan asam amino lisin sangat kecil. Jagung dapat digunakan sebagai berbagai bahan makanan. Misalnya, di Sumatera Barat, jagung muda digunakan sebagai kue untuk camilan.

Pada jagung tua hanya diolah menjadi tojin dan digunakan sebagai bahan pakan ternak, seperti merpati, ayam, dll. Berbagai varietas jagung unggul baru harus diciptakan untuk menambah nilai dan meningkatkan pendapatan petani.

 

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Konsumen Susu jagung

Tergolong sebagai minuman susu nabati, susu jagung memiliki rasa yang segar dan dapat menyehatkan tubuh yang mengkonsumsinya. Sehingga banyak juga yang menyukai susu jagung ini sebagai pengganti susu sapi.

Bagi yang alergi susu sapi juga bisa menikmati susu jagung ini sebagai pengganti kandungan susu sapi. Anak anak, remaja hingga lansia menyukai susu jagung ini karena kandungan vitamin yang tinggi pada jagung baik untuk menjaga kesehatan dan menjaga kondisi tubuh.

Penjualan Susu Jagung

Memasarkan susu jagung ini mudah dengan mengemasnya dalam wadah kaca yang menarik agar semua orang berminat untuk menikmati susu jagung segar ini. Anda bisa menawarkan produk susu jagung di kantin sekolah, di toko dekat rumah, atau menjualnya sendiri sambil jalan-jalan di sekitar tempat tinggal anda.

Promosikan minuman susu jagung ini kepada masyarakat dengan membuat spanduk yang mencantumkan manfaat dan keuntungan minum susu jagung yang enak ini. Tentunya banyak orang yang tertarik karena  manfaat yang dikandungnya.

 

Resep Susu Jagung

Bahan :

  • Jagung muda
  • Gula pasir
  • Susu kental manis
  • Wadah
  • Plastik

Cara membuat :

  1. Kupas kulit jagung tetapi jangan sampai dihabiskan, kemudian rebus jagung bersama kulitnya hingga matang.
  2. Kupas kulit jagung hingga bersih dan pisahkan jagung menggunakan mesin perontok jagung.
  3. Haluskan jagung yang sudah di serut menggunakan blender hingga halus, tambahkan sedikit air bekas rebusan jagung ke blender supaya kerja blender tidak berat.
  4. Lalu saring menggunakan saringan yang halus / yang rapat.
  5. Larutkan susu kental manis dengan 1 liter air biasa.
  6. Campurkan jagung yang sudah di blender tersebut kedalam panci yang direbus dengan api sedang selama 10 menit. Angkat dan masukkan ke wadah.
  7. Susu jagung sudah siap disajikan.

Demikianlah ulasan usaha susu jagung yang dapat saya sampaikan kepada anda. Untuk anda yang kesusahan saat menggiling jagung secara manual, anda bisa gunakan mesin giling jagung agar prosesnya cepat dan efektif.