Cara Menanam Jambu Kristal

Siapa yang tidak kenal dengan buah jambu kristal, Jambu adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin. Manfaat mengkonsumsi buah jambu diantaranya adalah untuk kesehatan, yang mampu mencegah kanker, obat diare serta radikal bebas sebab didalam jambu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, maka tidak heran jambu ini banyak sekali penggemarnya, sebab selain baik untuk kesehatan buah ini juga memiliki rasa yang manis dan segar.

Cara Menanam Jambu Kristal

Untuk itu disini kita akan membahas mengenai cara menanam buah jambu kristal dengan baik, agar berbuah lebat.

Sebelum melangkah lebih jauh kita akan bahas terlebih dahulu tentang jambu Kristal. Buah jambu Kristal saat ini mulai banyak dicari oleh para petani untuk dibudidayakan, sebab keuntungan yang didapat akan melimpah.

Syarat Tumbuh Jambu Kristal

Tanaman jambu kristal ini akan tumbuh dengan maksimal di ketinggian sekitar 45 – 1200 mdpl, dengan suhu kurang lebih 10 – 35 C. Tanaman jambu akan tumbuh subur jika curah hujan berkisar 1000 – 3700 mm/tahun, dan kelembaban udara 60% – 95%.

Sumber Lengkap : https://berkebun.co.id/

Pemilihan Bibit Jambu

Sebaiknya dalam pemilihan bibit jambu Kristal dengan cara menggunakan metode vegetatif seperti cangkok ataupun okulasi. Sebab tanaman yang berasal dari okulasi ataupun cangkok akan lebih cepat tumbuh besar dan lebih cepat berbuah dari pada bibit dari biji itu sendiri.

Proses Penanaman

Jika bibit jambu akan ditanam langsung ditanah maka Buatlah lubang tanam terlebih dahulu sekitar dua minggu sebelum bibit jambu ditanam, dengan ukuran lubang sekitar 60 x 60 x 60 cm. Biarkan lubang tersebut selama kurang lebih satu sampai dua minggu agar terkena sinar matahari langsung. Setelah satu atau dua minggu beri pupuk kandang hingga sepertiga lubang dan tutup kembali dengan menggunakan tanah sedikit saja, biarkan selama 4 – 7 hari, setelah itu barulah lubang dapat ditanami bibit buah, siramlah tanaman yang baru  ditanam dengan air hingga lembab.

Jika penanaman dilakukan dalam pot atau planter bag, sebaiknya gunakan pot atau planterbag dengan ukuran yang diameter berkisar 50 – 65 cm. Pastikan pot memiliki lubang di bawahnya agar sistem drainase lancar dan tidak mengakibatkan pembusukan pada akar.

Proses Perawatan

Untuk perawatan pohon jambu Kristal sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja anda harus benar-benar rajin untuk melakukan pemupukan dan penyiangan di sekitar tanaman agar pohon jambu tumbuh dengan sehat. Lakukan penyemprotan pada daun yang terkena penyakit dengan menggunakan insektisida.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Jambu Kristal mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya selamat mencoba dan sukses terima kasih.