Kenali Penyebab Sumur Bor Buntu dan Penanganannya

Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada sumur bor adalah pompa air menyala namun air tidak keluar. Sumur bor buntu memang bisa terjadi karena berbagai sebab. Dan untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui apa penyebabnya, baru kemudian bisa melakukan penanganan yang paling sesuai. 
 

Masalah Umum pada Sumur Bor

Masalah seperti ini dapat terjadi pada sumur pompa baru ataupun yang sudah lama digunakan. Meskipun sudah melakukan perawatan, tak jarang kendala terjadi pada mesin pompa ataupun instalasinya. Kondisi seperti ini tentu saja menyebabkan ketidaknyamanan mengingat kebutuhan akan air sangatlah penting.  
 
sumur bor buntu
 
Apabila mesin pompa masih bisa menyala seperti biasa, berarti putaran motor tidak ada masalah misalnya berat, lambat ataupun melemah. Dengan demikian, Anda bisa melanjutkan pemeriksaan pada bagian instalasi
 

Cek Sumber Air

Apabila sumur sudah tidak menyediakan air yang cukup untuk dihisap, sudah jelas air akan berhenti keluar dari mesin pompa walaupun mesin menyala secara normal, tidak ada pipa bocor dan masalah intalasi lainnya.
 
Untuk mengetahui ketersediaan air pada sumber ini dapat Anda lakukan dengan memasang stop kran di saluran keluar. Nyalakan pompa sambil buka kran secara perlahan. Apabila pada saat Anda sedikit membuka kran dan air masih keluar meskipun kecil, dan saat Anda membuak penuh kran, air justru berhenti mengalir, ini menjadi indikasi bahwa sumber air bermasalah.
 

Spesifikasi Pompa 

 
Masalah lain juga isa terjadi ketika Anda menggunakan pompa yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda memiliki sumur dengan kedalaman 30 meter sementara pompa yang digunakan memiliki daya hisap 9 meter saja. Tentu saja hasil yang didapat menjadi tidak sesuai harapan.
 
Maka dari itu, pastikan membaca dan memahami spesifikasi unit mesin pompa yang tertera pada manual. Contohnya adalah saat Anda membuat sumur dangkal yang memiliki kedalaman total dari permukaan tanah sampai ke dasar adalah 12 meter, sementara  level air dari bagian dasar hingga batas permukaan air 5 meter, maka bila memakai pompa sumur dangkal dengan daya hisap 9 meter sebaiknya menggunakan pipa hisap yang masuk ke dalam air setidaknya 3 meter. Hal ini untuk mengantisipasi debit sumber air sekaligus memastikan mesin pompa selalu dalam kondisi terbaik.
 

Instalasi Pipa 

Masalah lain yang juga bisa membuat sumur bor macet adalah pemasangan pipa hisap yang tidak sesuai atau kurang tepat. Memasangkan pipa terlalu dalam ke dasar sumur bisa berakibat membuat pipa tersebut justru menancap ke lumpur ataupun endapan sumur. Tentu saja, kondisi ini membuat foot valve menjadi tersumbat.
 
Selain itu, faktor lain yang juga memicu masalah adalah pemasangan pipa hisap yang kurang rapat sehingga memicu kebocoran yang membuat daya vakum pompa hilang walaupun mesin sudah dinyalakan. Tak hanya karena pengerjaan yang kurang teliti, masalah pergerakan tanah juga bisa memicu kebocoran pipa hisap.
 
Itulah beberapa masalah yang umum terjadi pada sumur bor. Dengan memahami pemicu yang mengakibatkan sumur bor tidak daoat menghasilkan air, Anda dapat memberikan penanganan yang lebih terarah atau membantu pihak layanan jasa untuk mengidentifikasi masalah Anda.