Tips Minyak Goreng Tak Meletup Saat Memasak

Masalah terkait dengan minyak goreng ternyata tak cukup berhenti pada pemilihan grade minyak goreng baik saja. Saat memasaknya pun pasti tak jarang ibu-ibu menemui fenomena minyak panas meletup. Bahkan jika apes bisa mengenai kulit yang menyebabkan sakit. Tips berikut sepertinya layak disimak ya.

Tips Minyak Goreng Tak Meletup saat Memasak

tips memasak

Pastikan Wajan Betul-betul Kering

Sebelum mulai menggoreng maka pastikan wajan yang telah dicuci memang telah bersih dari sisa air. Lantaran jika air dan minyak bertemu pada suhu tinggi atau panas maka akan terjadi letupan di permukaannya.

Hal tersebut terjadi lantaran memang massa jenis antara air dengan minyak sudah berbeda. Massa jenis minyak jauh lebih berat daripada sisa air itu sendiri. Itulah yang membuat minyak panas di wajan jadi berpotensi menciprat tak terkontrol ke segala arah ya.

Gunakan Bahan Tambahan

Jika memang Anda harus menggoreng bahan makanan yang memiliki kandungan air tinggi misal ikan dan lainnya mungkin bisa gunakan bahan-bahan tambahan ini kala menggoreng. Bisa memilih gunakan tepung terigu, garam atau juga jahe.

Ketiga bahan tersebut bisa dipilih salah satunya saja untuk tiap kali penggorengan. Pastikan juga Anda menunggu beberapa menit setelah memasukkan opsi bahan di atas sebelum memulai menggoreng bahan makanan Anda. Dijamin letupan minyak panas tak akan terjadi.

Minimalisir Membalik Gorengan

Hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi terjadinya letupan minyak panas adalah meminimalisir memicu pergolakan minyak dalam wajan panas tersebut. Misalnya saja jangan sampai Anda membolak-balik gorengan dengan waktu yang tergesa. Kala memasak tentu membutuhkan waktu agar matang sempurna.

Anda bisa menunggu gorengan tersebut matang satu sisinya dengan mengerjakan hal lain. Biarkan gorengan Anda diam sejenak. Setelah memperkirakan satu sisi matang, maka bisa dibalik untuk menunggu satu sisi lagi sampai matang. Perhatikan juga suhu kompor, jangan sampai makanan justru gosong ya.

Semoga rangkaian tips singkat di atas bisa berhasil saat diterapkan dalam keseharian. Jangan sampai niat menghidangkan sajian istimewa untuk keluarga tapi justru berujung hal yang cukup bisa membuat trauma. Selalu berhati-hati lantaran kala di dapur ibu-ibu memang dituntut fokus sepenuhnya untuk hasil sempurna.