Perbedaan Hosting dan Domain

Apakah sebelumnya Anda sudah pernah membuat blog atau website? Apabila sudah pastinya Anda tidak asing lagi dengan istilah hosting.

Untuk Anda yang masih belum mengetahui istilah tersebut, dalam kesempatan ini kami akan mengulas mengenai apa itu hosting. Layanan ini memastikan bahwa website bisa ditampilkan melalui internet.

 

Pengertian Hosting

Menurut Website Majapahit Teknologi, Hosting merupakan sebuah layanan online untuk mengelola aplikasi web atau data situs oleh pengguna serta ditampilkan via internet.

File web yang disimpan pada hosting umumnya berupa video, gambar, aplikasi, script, email serta database.

Dalam ilmu website sendiri, hosting dinamakan sebagai sebuah tempat untuk menyimpan data website Anda. Sedangkan domain merupakan alamat tempat Anda menyimpan data web yang Anda miliki.

pengertian hosting

Perbedaan Hosting dan Domain

Apa itu hosting dan apa itu domain? Hosting dan domain merupakan dua hal berbeda yang keduanya diperlukan untuk membuat website.

Untuk bisa memahami perbedaan hosting dan domain dengan mudah maka Anda dapat menganggap website sebagai sebuah rumah hunian Anda. Pada sebuah rumah pasti mempunyai tanah serta alamat rumah.

Tanah serta halaman tersebut diibaratkan sebagai sebuah hosting, yang mana tanah merupakan tempat untuk meletakkan bangunan serta isinya.

Adapun alamat rumah diibaratkan sebagai domain, yang mana jika ada orang yang mencari rumah Anda, maka Anda akan memberikan alamat rumah.

 

Cara Kerja Hosting

Cara kerja paket hosting sendiri dimulai dari perusahaan yang menawarkan layanan hosting dengan menyediakan ruang server untuk menyimpan data dan aset demi kebutuhan web.

Saat terdapat user yang mengetikkan nama domain web pada browser, maka host akan mengirimkan file untuk mengakses laman web tersebut.

Pastinya dalam penggunaan hosting juga memerlukan biaya sewa per bulan. Apabila Anda membayar biaya tersebut secara tepat waktu tentu layanan server Anda bisa diakses dengan mudah serta bisa berfungsi dengan baik tanpa gangguan seperti koneksi maupun yang lain.

 

Kesimpulan

Bisi disimpulkan bahwa hosting adalah layanan penyimpanan data online yang untuk pembayarannya dapat dilakukan secara bulanan maupun tahunan. Itulah ulasan singkat mengenai apa itu hosting yang memiliki peranan penting untuk website Anda.