Perbedaan Rumah Subsidi dan Non Subsidi

Kredit Pemilikan Rumah bersubsidi kini menjadi incaran masyarakat menengah ke bawah dengan penghasilan yang rendah. Kebanyakan dari mereka lebih memilih KPR subsidi karena harganya yang murah. Lalu ada pula yang bertanya-tanya mengenai apa itu rumah subsidi dan apa bedanya dengan non subsidi, yang akan kita bahas sebagai berikut ini.

Pengertian Rumah Subsidi

Rumah subsidi adalah program kredit KPR yang diadakan pemerintah dengan bekerjasama dengan bank-bank yang ditunjuk. Program ini ditujukan bagi masyarakat yang hendak membeli rumah dengan cara kredit dengan target masyarakat berpenghasilan dibawah 8 juta rupiah perbulannya.

Manfaat Rumah Subsidi

Manfaat yang diperoleh masyarakat yang membeli rumah lewat KPR subsidi yakni lebih terbantu dengan biayanya yang ringan dan mekanisme pengajuannya yang mudah. Manfaat lainnya yakni masyarakat menengah ke bawah bisa memiliki hunian yang layak dengan harga yang murah.

Keuntungan Rumah Subsidi

Apa itu rumah subsidi dan apa bedanya dengan non subsidi akan memberikan sejumlah keuntungan. Diantaranya proses pembangunan ditangani langsung oleh developer resmi dan terpercaya, beberapa wilayah memiliki lokasi yang strategis, dan juga syarat yang ditetapkan untuk pengajuan cukup mudah.

Persyaratan Rumah Subsidi

Persyaratan pengajuan KPR subsidi tidak terlalu rumit. Yang paling penting, pemohon merupakan WNI yang memiliki E-KTP asli. Memiliki NPWP dan SPT yang tidak menunggak di kantor pajak.

pengertian rumah subsidi

Usia pemohon minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Penghasilan maksimal 8 juta rupiah perbulan (peraturan per 1 april 2020). Sebelumnya, pemohon belum pernah terdaftar program rumah subsidi dari pemerintah.

Perbedaan Rumah Subsidi dan Non Subsidi

Perbedaan mendasar antara KPR subsidi dengan KPR non subsidi bisa dilihat dari tariff angsuran yang ditetapkan. KPR non subsidi dalam perhitungan angsuran perbulannya lebih tinggi dan KPR subsidi lebih rendah karena telah mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah. Selain itu fasilitas, ukuran dan tipe rumah yang ditawarkan KPR non subsidi lebih lengkap dan bebas untuk dipilih pemohon.

Anda bisa melihat dari rumah subsidi cikarang yang memberikan fasilitas kenyamanan hunian rumah untuk kaum milenial pada saat ini. Dengan demikian, Anda akan nyaman beserta keluarga apabila memilih rumah subsidi menjadi hunian di masa depan bersama keluarga tercinta.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu rumah subsidi dan apa bedanya dengan non subsidi. KPR subsidi dengan non subsidi memiliki perbedaan yang lumayan untuk diperbandingkan. Dimana harga yang tinggi dari KPR non subsidi diimbangi dengan penawaran fasilitas dan spesifikasi pilihan rumah yang bebas dan cukup lengkap.