Jenis-jenis Kemasan Makanan yang Perlu Anda Ketahui

Untuk anda yang merupakan pelaku bisnis kuliner, tentunya memilih bahan kemasan makanan sangatlah penting untuk anda lakukan. Yang jelas beberapa bahan kemasan menawarkan kelebihannya masing-masing. Nah, jika anda masih kebingungan memilih kemasan yang sesuai dengan bisnis makanan yang anda miliki, yuk ketahui jenis-jenisnya di bawah ini.

Bowl

Tentu saja makanan dengan kemasan mangkok atau bowl sangat diminati. Mengapa? Karena cara makannya cukup mudah maupun ringkas. Sehingga tidaklah mengherankan jika ada banyak sekali pebisnis yang menawarkan rice bowl dengan pilihan berbagai macam menu, harga yang ditawarkan pun mulai dari harga yang paling murah sampai yang mahal. Tidak hanya mudah dan ringkas saja, namun kemasan bowl juga menawarkan harga yang cukup terjangkau yang bahannya terbuat dari kertas. Dengan begitu kemasan bowl ini cukup ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan bahannya bukan menggunakan bahan plastik yang dapat meninggalkan limbah.

Lunch Box Bento

Untuk kemasan yang satu ini mempunyai ukuran yang terbilang cukup besar. Biasanya kemasan dari lunch box bento dipakai untuk catering makanan, karena bisa memuat beberapa pilihan komponen makanan, mulai dari nasi, sayuran, buah, dan lauk. Terdapat pula sekat yang akan membuat komponen makanan di dalamnya tidak tercampur dengan komponen makanan lainnya, dengan begitu kemasan ini dibutuhkan ketika anda menjual makanan yang menawarkan berbagai komponen yang banyak di dalamnya. Tetapi kemasan ini menawarkan harga yang terbilang tinggi, sehingga anda perlu mempertimbangkannya dengan matang.

Snack Box

Jika anda menjual berbagai pilihan makanan ringan, maka anda perlu menggunakan kemasan ini. Nah, snack box dibuat dari bahan kertas, namun tidak dapat menahan cairan. Dengan begitu kemasan ini hanya dapat anda pakai untuk mengemas makanan yang bersifat kering, seperti aneka roti, kue, dan berbagai pilihan makanan lainnya yang telah terbungkus. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau, dan bisa anda pertimbangkan jika anda menjual aneka makanan yang memang tidak terlalu mahal supaya anda tidak perlu lagi menaikkan harga jual serta tetap bisa memperoleh keuntungan.

Rice Box

Menawarkan ukuran lebar yang cukup ringkas dan sedikit meninggi, tentunya membuat kemasan ini sangat nyaman dipegang menggunakan satu tangan ketika menyantapnya. Tidak hanya itu saja, kemasan ini pun bisa memuat porsi makanan yang lebih banyak, tetapi dengan volume ukuran box-nya yang tetap ringkas. Nah, kemasan ini cocok sekali untuk anda yang ingin berbisnis rice box dengan makanan yang terlihat sedikit berair. 

Paper Box

Nah, sama seperti halnya bowl yang ringkas, tentunya kemasan paper box ternyata mempunyai sifat yang sama, hanya saja keduanya berbeda bentuk. Yang pasti kemasan ini terbilang cocok untuk makanan yang memang berminyak, seperti sate, bakmi, hingga nasi goreng. Hal ini dikarenakan kemasannya yang mempunyai laminasi yang bisa menahan minyak supaya tidak tembus. Kemasan paper box juga memiliki sifat yang cukup tebal, dengan begitu kemasan ini dapat menahan air yang akan membuat anda bisa memasukan makanan yang berkuah.