Kerusakan yang Terjadi Pada MacBook Pro dan MacBook Air, Berikut Penyebabnya

Laptop merupakan perangkat elektronik yang mudah sekali rusak, apalagi jika tidak menjaganya dengan baik. Kerusakan bisa saja karena berbagai hal seperti disusupi malware, terjatuh, ataupun faktor lain yang menyebabkannya rusak.

Salah satunya MacBook, sekalipun memiliki keunggulan dibandingkan dengan laptop lainnya. Perangkat besutan Apple ini juga kerap mengalami masalah, apalagi yang sudah lama digunakan.

Seperti halnya MacBook Pro dan Air seri terdahulu, kemungkinan mengalami kerusakan sangat besar. Apalagi masalah yang terjadi bukan hanya mesin yang sudah lama, tapi pemakaian yang kurang baik.

Apabila MacBook masih layak digunakan maka segeralah untuk menghubungi jasa service Macbook. Hal tersebut merupakan yang perlu Anda lakukan sebelum laptop Apple tersebut rusak parah.

Apa Saja Kerusakan MacBook Pro dan Air yang Sering Terjadi?

Setiap generasi MacBook Pro maupun Air kerap mengalami kerusakan, apalagi untuk series lama. Biasanya sering terjadi karena penggunaannya yang berat dan pemakaiannya yang kurang baik.

Sehingga membuat beberapa komponen MacBook tersebut rusak atau mengalami masalah yang cukup serius. Nah, berikut beberapa kerusakan yang sering terjadi pada MacBook Pro dan Air. Yakni:

1. VGA

Kerusakan pada VGA kerap sekali terjadi pada MacBook series lama, dengan ciri terdapat garis pada layar saat boot. Dan tidak tampil ketika menekan tombol power, untuk masalah ini harus mengganti VGA baru.

2. Tidak Bisa Upgrade OS

MacOS selalu dirilis Apple setiap tahunnya, namun terkadang ada MacBook seri lama tidak menerima lagi pembaharuan tersebut. Masalah ini cukup sulit, namun Anda bisa menggunakan perangkat tersebut apa adanya selagi masih bisa digunakan.

3. Harddisk

HDD yang sudah berumur membuat cepat rusak, terlebih dengan menyimpan banyak file. Belilah HDD yang dipakai atau suport perangkat Apple, agar penyimpanan Anda tetap awet walaupun sudah lama.

4. Adaptor Mac

Adaptor Mac rentan sekali rusak, terlebih kabel adaptor sering digulung. Sehingga menyebabkan putus dan adaptor tidak bisa digunakan kembali, solusinya bisa langsung diperbaiki atau beli yang baru.

5. LCD

Penyebab kerusakan LCD banyak sekali seperti pecah salah satunya, biasanya memiliki ciri bergaris atau noda hitam. Selain pecah, yakni ngeblank sehingga layar hanya menampilkan hitam, putih, ataupun warna lain.

Apabila menemukan kerusakan atau masalah pada LCD segeralah untuk mencari solusinya. LCD merupakan komponen yang terpenting pada layar monitor sebagai output dari proses MacBook Anda.

Penyebab MacBook Pro dan Air Rusak

Nah, ada beberapa faktor yang membuat MacBook Pro dan Air rusak. Diantaranya:

1. Jatuh Cukup Keras

Semua perangkat elektronik sangat rawan rusak ketika terjadi benturan atau terjatuh. MacBook bisa saja rusak jika terjatuh cukup keras, parahnya membuat MacBook tersebut mati total.

2. Water Damage

Seperti halnya terjatuh, terkena air juga merupakan salah satu faktor kelalaian pengguna. Apabila MacBook terkena air cukup parah maka Anda harus segera memeriksanya, apakah masih hidup normal atau mati total.

3. Arus Listrik

Tidak dapat dipungkiri jika terjadi arus listrik tidak stabil, terkadang sangat mengganggu saat mencharger MacBook. Hal tersebut bisa saja mengganggu harware termasuk baterai perangkat tersebut.

4. Terlalu Lama Digunakan

Apabila Anda menggunakan MacBook terlalu lama dengan pekerjaan berat, seperti render video atau sejenisnya. Maka MacBook akan panas, dan jika dibiarkan saja maka akan berdampaks serius.

5. Charger Tidak Asli

Selain pemakaian yang berlebihan, penggunaan charger kw akan mengalami MacBook panas. Maka solusi terbaik segeralah mengganti charger MacBoook dengan yang asli, agar laptop tidak mengalami kerusakan parah.

6. Terdapat Komponen Rusak atau Kotor.

Faktor ini biasanya terjadi pada MacBook yang telah berumur, dengan pemakaian yang cukup lama. Maka tidak heran, jika terdapat komponen yang kotor dan rusak, maka solusinya untuk segera mengganti komponen tersebut.

7. Malware

Malware bisa saja menyisipi sistem MacBook, walaupun perangkat ini dilengkapi dengan sistem yang canggih. Malware merupakan suatu yang harus dicegah bukan hanya merusak sistem namun bisa juga merusak hardware.

Kesimpulan

Macbook Pro dan Air termasuk gadget yang cukup canggih dan terlindungi, agar tetap awet solusinya Anda harus menggunakannya dengan baik. Apabila membeli MacBook second pastikan untuk mengecek terlebih dahulu, sebelum membelinya.

Semoga bermanfaat.

Sumber : gohitzz.com