Para Pecinta Ikan Wajib Tahu, Fakta dan Keunikan Ikan Oscar

Oscar merupakan salah satu jenis ikan yang cukup besar dengan warna yang cerah dan memiliki temperamen yang cukup kuat dan terhitung sangat hidup. Oscar merupakan cichlid yang berasal dari Amerika Selatan yang dapat mengalami perkembangan dengan cepat hingga mencapai ukuran maksimum kurang lebih 33 cm dengan besar 1,8 kg.

Ikan oscar memiliki tubuh besar dan lonjong, dengan bibir tebal serta ukuran yang dapat mencapai 33 cm apabila hidup di habitat alami. Akan tetapi, umumnya akan menjadi sedikit lebih kecil apabila dalam penangkaran.

Oscar pun memiliki rongga mulut dengan gigi yang terletak di bagian belakang serta memiliki kekuatan yang cukup untuk menggigit seseorang. Terdapat pula gigi faring pada tenggorokan dengan gigi rahang yang sangat kecil dan digunakan untuk mencengkram. Sedangkan gigi tenggorokan digunakan untuk memproses serta memanipulasi mangsa.

Dalam pertumbuhan di spesimen remaja akan menunjukkan pita atau garis bergelombang putih dan oranye disertai dengan bintik-bintik di kepala mereka. Adapun spesimen penangkaran ataupun spesimen alam, keduanya dapat dengan cepat mengubah warna apabila kondisi ikan menjadi teritorial, agresif atau pun menjadi sangat stres.

Gambar Ikan Oscar

Umur hidup ikan oscar dapat dikatakan cukup panjang karena dapat bertahan sekitar 10 hingga 20 tahun hal ini tergantung bagaimana perawatan yang diberikan terhadap ikan tersebut. Adapun spesies dari oscar yang umum dan populer di pasaran adalah sebagai berikut.

– Tiger oscar, merupakan jenis oscar yang umum dengan ciri anatomi ikan yang paling umum.

– Oscar merah, merupakan spesimen yang indah dengan warna rona merah yang kuat, varietas ini awalnya dikembangkan lebih dari 40 tahun yang lalu.

– Oscar hitam, memiliki warna tubuh yang hitam di seluruh bagiannya, oscar yang satu ini memiliki varietas turunan lainnya yaitu oscar hitam perak.

– Oscar albino, tidak seluruh tubuhnya merupakan albino sebagian besar individu terdapat bintik-bintik merah dan memiliki ciri-ciri umum seperti oscar lainnya.

Itulah hal yang perlu diketahui dari ikan oscar. Bagaimana menurut Anda?