Berkenalan Apa Itu Evening Primerose Oil?

Pernahkah Anda mendengar evening primerose oil? Tahukah Anda bagaimana minyak herbal alami ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Apa itu evening primerose oil sebenarnya? Dari mana minyak alami ini berasal? Mengutip dari laman deherba, kita akan mencoba mengenal lebih jauh mengenai minyak alami ini.

 

Apa itu evening primerose oil sebenarnya?

Evening primerose oil merupakan minyak herbal alami yang terbuat dari biji bunga tanaman evening primerose. Minyak herbal alami ini tidak berasal dari lokal Indonesia, karena sebenarnya evening primerose adalah jenis flora dari kawasan subtropis.

Yang menjadikan evening primerose oil ini dianggap bermanfaat karena kandungan asam gamma-linolenic (GLA) yang dimilikinya. Senyawa GLA ini merupakan salah satu bentuk dari asam lemak omega 6. Ini merupakan jenis asam lemak yang banyak dijumpai pada unsur nabati.

GLA memiliki efek anti inflamasi sehingga baik untuk membantu meredakan gangguan peradangan baik pada permukaan kulit maupun di dalam tubuh. Selain itu GLA juga bersifat sebagai kolesterol baik atau HDL. Ini akan membantu menurunkan kadar LDL kolesterol dalam tubuh.

evening primerose oil

Manfaat dari evening primerose oil

Dalam hal kecantikan pemanfaatan evening primerose oil sudah banyak dikenal. Biasanya terapi ini diberikan untuk membantu meredakan jerawat. Anda bisa gunakan terapi ini untuk meredakan peradangan jerawat, mempercepat keringnya jerawat dan memperbaiki tekstur kulit. Evening primerose oil ini membantu melindungi kulit dari efek kering karena terapi jerawat lain.

Selain untuk terapi kecantikan, minyak herbal alami ini juga bisa membantu merawat kulit yang mengalami peradangan seperti karena psoriasis, eksim, infeksi jamur, iritasi matahari, bisul dan lain sebagainya. Biasanya minyak alami ini dioleskan dengan rutin di area peradangan secara rutin. Nantinya bertahap peradangan akan berkurang dan tekstur kulit akan membaik.

Namun, evening primerose oil juga bisa dikonsumsi. Biasanya minyak ini bisa Anda konsumsi dalam dosis antara 500 – 6000 mg perhari. Hanya secara umum, dosis yang dianjurkan pada kisaran 500 – 1000 mg saja.

Terapi dengan meminum evening primerose oil ini dapat membantu meredakan gangguan terkait hormonal. Termasuk di dalamnya gangguan sindrom pra menstruasi (PMS), nyeri payudara saat haid, gangguan pada masa pre menopause dan gejala PCOS ringan.

Selain itu, evening primerose juga efektif membantu meringankan gejala peradangan pada payudara, peradangan ringan pada tenggorokan, sariawan, amandel, peradangan pada lambung dan lain sebagainya.

Evening primerose oil juga ternyata membantu mengatasi rasa nyeri dan meringankan keluhan saraf nyeri seperti pada kasus saraf kejepit dan cedera saraf. Ini juga dianggap efektif membantu meringankan keluhan nyeri karena arthritis, reumatik dan asam urat.

Satu lagi, mengonsumsi evening primerose dalam beberapa pekan akan efektif mengatasi tekanan darah tinggi dan menurunkan level kolesterol jahat (LDL ) dalam tubuh. Terapi ini juga akan meringankan gangguan aterosklerosis atau efek kerusakan pembuluh darah akibat pembentukan plak kolesterol pada pembuluh darah. Dan secara langsung juga akan memberi manfaat pada kesehatan kardiovaskular.

Apakah mengkonsumsi evening primerose oil itu aman?

Secara umum minyak herbal alami ini aman untuk dikonsumsi, selama diasup dalam dosis normal. Hanya saja dalam jangka panjang setelah lebih dari 4 bulan, asupan asam lemak omega 6 dalam jangka panjang dianggap tidak lagi sepenuhnya aman.

Kandungan GLA mungkin akan memicu masalah hormonal dalam jangka panjang. Juga mungkin memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Di sisi lain juga dapat memicu gangguan darah yang terlalu encer.

Jadi, mengkonsumsi evening primerose oil untuk kesehatan memang cukup disarankan. Hanya saja perhatikan aturan dosis dan pastikan tidak mengkonsumsinya dalam jangka panjang. Awasi kondisi tubuh Anda secara berkala untuk memastikan tubuh Anda tidak mengalami efek samping dari evening primerose oil.