Fakta Menarik Raja Ampat yang Perlu Diketahui Wisatawan

Raja Ampat menjadi salah satu primadona untuk kategori tempat wisata dari Indonesia. tidak sedikit wisata asing yang rela membayar mahal untuk bisa mengunjungi tempat ini walau hanya sekali. Apalagi wisatawan lokal dari luar kota. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu fakta menarik Raja Ampat berikut ini sebelum resmi menjadi wisatawan di Raja Ampat. Jika wisatawan asing lebih tahu Raja Ampat dibanding Anda yang orang Indonesia, maka akan terlihat memalukan bukan? Maka dari itu, silahkan simak fakta menarik mengenai Raja Ampat berikut ini.

Fakta Menarik Raja Ampat Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Terbaik Dunia

Pengetahuan Anda mengenai Raja Ampat mungkin masih sebatas tempat asyik nan cantik di daerah Indonesia Timur yang sedang hits di kalangan pengguna sosial media. Namun, tidak cukup dengan hal itu saja, Anda harus tahu fakta menarik Raja Ampat untuk memperluas pengetahuan Anda sebelum menyempatkan diri datang ke tempat wisata ini.

 

  1. Ditemukan oleh bukan orang Indonesia

Selain penduduk asli Kepulauan Raja Ampat, yang menemukan kepulauan ini bukanlah orang Indonesia. Penyelam asal Belanda Max Ammer adalah yang pertama mengungkapkan keindahan kepulauan ini. Dengan maksud awal untuk meneliti perairan Indonesia yang diduga menjadi kuburan pesawat  dan kapal peninggalan Perang Dunia II, Max Ammer akhirnya terpesona dengan keindahan dari kepulauan ini. Penelitiannya sendiri membuahkan hasil, ada banyak sekali bangkai kapal yang tenggelam di perairan sekitar Raja Ampat, bahkan banyak juga bangkai pesawat terbang militer yang terkubur di bawah laut.

 

  1. Asal mula nama Raja Ampat

Fakta menarik Raja Ampat yang berikutnya adalah penamaannya yang memiliki arti tersendiri. Raja Ampat seperti bunyinya, memiliki arti empat raja. Awal mula kisah ini adalah dari keempat pulau besar di kepulauan ini yaitu, Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Masing-masing memiki raja tersendiri yang berkuasa dahulu kala.

paket wisata raja ampat

Alkisah ada dua orang suami istri yang menemukan 6 telur yang dianggap sebagai telur naga. Namun karena lapar, mereka bermaksud memasak dan memakan telur-telur tersebut. Namun, telur itu ternyata malah mengeluarkan 1 orang anak perempuan dan 4 orang anak laki-laki yang akhirnya diasuh oleh sepasang suami istri tersebut. Anak perempuan tersebut ketika besar dilarung ke laut karena kemarahan sang ayah yang mengetahui bahwa putrinya hamil di luar nikah. Sementara keempat saudaranya menjadi raja di empat pulau yang berbeda.

 

Sementara, telur terakhir tidak menetas dan malah membatu. Batu ini diletakkan di sebuah bangunan di tepi sungai Pulau Waigeo dan dianggap sebagai raja lain selain keempat raja yang berkuasa. Ini menjadi fakta menarik Raja Ampat yang lain selain asal usul penamannya yang unik.

 

  1. Amazon dalam laut

Keanekaragaman hayati di bawah laut Kepulauan Raja Ampat ternyata membuatnya dijuluki sebagai Hutan Amazon di bawah laut. Sebutan ini sangat tepat karena memang terumbu karang yang tumbuh dengan subur di balik perairan ini menjadi rumah bagi ratusan atau bahkan ribuan spesies makhluk laut. Biota laut di Indonesia dikatakan sebagai yang paling beragam di dunia berkat terjaganya lingkungan biota laut di Raja Ampat. Fakta menarik Raja Ampat yang satu ini tentunya patut membuat Indonesia berbangga.

 

  1. Pencapaian Raja Ampat

Fakta menari Raja Ampat tidak hanya sampai di situ. Raja Ampat sudah memenangkan berbagai penghargaan internasional untuk tempat wisata terbaik, versi Matka Nordic Travel Fair 2015. Pameran ini diadakan di Eropa Utara dan merupakan acara tahunan bergengsi di dunia. Penghargaan ini menjadikan Raja Ampat semakin mendunia dan semakin terlihat keberadaannya di mata publik internasional.

 

Tidak cukup dengan penghargaan internasional, penghargaan lokal pun sudah banyak dicapai oleh Raja Ampat. Sebut saja anugrah E-KKP3K yang menjadi penghargaan dalam bidang pelestarian lingkungan. Tidak heran kalau Raja Ampat semakin dikenal di Indonesia dan menjadi tempat wisata pilihan favorit di negara ini.

 

  1. Wisatawan yang terbatas

Meskipun terkenal sebagai tempat wisata terbaik di Indonesia, bukan berarti Raja Ampat menerima sembarangan wisatawan. Karena tempatnya yang tidak begitu luas dan karena banyaknya program konservasi yang dilakukan, pemerintah Kabupaten Raja Ampat membatasi jumlah pengunjung setiap tahunnya. Pengunjung dianjurkan menggunakan travel yang sudah terjadwal daripada datang langsung tanpa ada reservasi apapun. Karena bisa jadi, kuota hari itu sudah terpenuhi dan Anda pun tidak bisa masuk ke Raja Ampat lagi. Fakta menarik Raja Ampat yang satu ini membuat Anda harus merencanakan matang-matang liburan ke pulau ini.

 

  1. Penduduk asli Raja Ampat

Penduduk lokal Raja Ampat sangat bertoleransi kepada pendatang. Sikap mereka ramah dan tidak membeda-bedakan meskipun berbeda agama. Agama mayoritas di sini adalah Kristen, namun tempat ibadah lain tentu saja disediakan untuk menampung wisatawan yang agamanya beragam. Jika Anda memiliki sedikit rejeki, maka bawakanlah pinang atau permen untuk masyarakat sekitar. Itu akan membuat mereka sangat senang karena Anda dianggap datang dengan damai.

 

Fakta menarik lainnya adalah hukum adat yang masih berlaku di sana. Di Raja Ampat, para nelayan bisa menangkap hasil laut seperti gurita dengan tangan kosong. Keahlian khusus ini harus dikuasai karena adanya aturan yang tidak membolehkan penduduk lokal untuk mengeksploitasi kekayaan alam di tempat tinggalnya.

 

Fakta menarik Raja Ampat lain mengenai penduduk lokal adalah. Jangan sekali-sekali melanggar hukum lokal karena kalau tidak, Anda yang merupakan wisatawan sekalipun dipercaya akan mendapat kutukan. jangan lupa selalu menggunakan penyedia Paket Wisata Raja Ampat yang terpercaya jika anda ingin mengunjungi raja ampat.