Berapa Kisaran Harga Sewa Bus Pariwisata di Indonesia?

Harga sewa bus pariwisata seringkali menjadi informasi yang banyak dicari oleh masyarakat. Kebutuhan penyewaan bus untuk perjalanan, seringkali menjadi pilihan tepat karena banyak sekali keuntungan dari penggunaan bus ini. Tak heran, masalah harga pun menjadi pertanyaan yang tak pelak selalu ditanyakan. Sebelum Anda mengetahui berapa kisaran harga dari penyewaan bus untuk pariwisata, ada baiknya ketahui beberapa hal berikut!

Cara Memperkirakan Harga Sewa

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sendiri tersedia banyak sekali pihak jasa yang menawarkan layanan penyewaan bus. Karena banyaknya pihak jasa inilah yang membuat kita akan sulit dalam menentukan harga yang tepat atau pasti. Karena, untuk setiap pihaknya tentu akan memberikan penawaran harga yang berbeda. Namun, untuk memperkirakannya Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Jenis Bus

Hal pertama yang perlu jadi perhatian ketika Anda ingin menentukan harga sewa bus pariwisata adalah dengan mengetahui jenis bus yang dipilih. Pasalnya setiap jenis bus punya rentang harga sewa yang berbeda. Misalnya saja dari segi ukuran, tentu bus yang kapasitasnya banyak akan punya harga lebih tinggi jika dibandingkan medium bus atau mini bus. Tak hanya itu, model bus pun sangat bisa menentukan harga. Misalnya tampilan eksterior dan interiornya yang mewah pasti lebih mahal jika dibandingkan yang biasa saja.

  • Fasilitas

Selain melihat dari segi harga, ada hal lain yang tentu bisa jadi pertimbangan ketika menentukan berapa harga sewa bus. Di mana hal ini bisa dilihat berdasarkan fasilitas yang ada. Pasalnya, setiap bus pastinya akan punya ragam fasilitas yang berbeda. Misalnya, jika Anda memilih bus dengan fasilitas lengkap seperti hiburan, hingga toilet misalnya, tentu akan lebih mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan bus biasa tanpa toilet atau tanpa fasilitas hiburan lainnya.

  • Penyedia Sewa

Tak hanya perihal jenis bus juga fasilitas, pihak penyedia jasa sewa bus pariwisata pun tak lepas dari perhatian untuk menentukan harga jasa ini. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap pihak jasa pastinya punya penawaran harga masing-masing. Itulah kenapa penyedia jasa sewa pun bisa menentukan rendah-tingginya harga sewa yang harus Anda bayar.

Harga Sewa Bus dan Tips Mendapatkan Harga yang Terjangkau

Dari beberapa hal yang sebelumnya sudah kita bahas mengenai faktor penentu penawaran harga, tentu mengetahui kisaran harganya adalah hal yang paling dicari. Pada dasarnya, penerapan harga di setiap jasa sewa tidak jauh berbeda. Biasanya penerapan harga ini akan bervariasi dari mulai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Ini jika melihat jenis bus yang biasa digunakan. Namun, harga tersebut tentu akan lebih tinggi jika pilihannya lebih mewah dan fasilitas lengkap.

Setelah Anda mengetahui kisaran harganya, berikut ini adalah beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan harga sewa yang lebih terjangkau. Apa sajakah itu?

  1. Untuk mendapatkan harga sewa bus pariwisata yang murah, pastikan bahwa Anda menyesuaikan jenis bus sesuai dengan kebutuhan. Jika rombongan sedikit, jangan paksakan untuk sewa bus besar karena Anda harus membayar lebih mahal untuk tempat duduk yang tidak terisi.
  2. Bandingkan harga dari satu penyedia jasa dengan penyedia jasa lainnya. Lihat masing-masing fasilitas yang ditawarkan, jika sama, maka pilihlah dengan harga yang lebih rendah.
  3. Cari rekomendasi atau kenalan orang yang punya kenalan pihak penyewa bus. Biasanya, jika orang dekat atau kenalan seringkali memberikan penawaran harga spesial yang tentunya lebih murah.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga sewa bus pariwisata. Beserta beberapa tips untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Dengan ulasan tersebut, semoga membantu Anda mendapatkan pilihan bus pariwisata dengan harga terbaik.