Beragam Pertimbangan dalam Membersihkan Karpet

Pada umumnya karpet dibersihkan sekali atau dua kali dalam setahun. Ada yang lebih sering dan juga ada yang lebih jarang, tergantung dari beberapa faktor diantaranya adalah usia karpet, warna karpet, jumlah lalu lintas orang di rumah tersebut, adanya hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Sebagian orang memilih ih untuk menggunakan jasa pembersihan karpet profesional namun sebagian juga lebih memilih untuk mengerjakannya sendiri.

Namun apabila dikerjakan sendiri akan membutuhkan banyak peralatan dan perlengkapan. Tentunya biaya akan jauh lebih besar apabila dengan menggunakan jasa pembersih karpet. Namun ada solusi yang lebih baik yaitu proses pembersihan tetap dikerjakan sendiri namun untuk pengadaan peralatan dilakukan dengan cara menyewa sedangkan perlengkapan berupa cairan pembersih dapat kita beli terpisah. Cara ini akan jauh lebih murah dibandingkan kedua cara diatas.

Sebelum menyewa peralatan pembersih pastikan bahwa peralatan yang di sewa merupakan peralatan yang dipilih berdasarkan kebutuhan. Kapasitas ruangan, besarnya daya listrik, dan lain sebagainya menjadi salah satu bahan pertimbangan yang penting.

Selain peralatan pembersih, pertimbangkan juga cairan pembersih yang akan digunakan. Sesuaikanlah dengan jenis karpet yang anda miliki, hal ini untuk menghindari kerusakan pada karpet. Konsultasikanlah dengan penjual cairan pembersih karpet tersebut. Meliputi jenis cairan pembersih yang tepat untuk digunakan, banyaknya cairan yang dibutuhkan, dan atau bahkan campuran pembersih yang bisa digunakan serta pilihan pewangi atau pengharum cairan pembersih. Sebelum mengoperasikan peralatan ataupun mencampur larutan pembersih perlu diperhatikan untuk meluangkan waktu membaca dan memahami instruksi pengoperasiannya.

Lalu apakah membersihkan sendiri dengan menyewa peralatan pembersih karpet itu lebih baik dibandingkan dengan menggunakan jasa pembersihan karpet?

Jawabannya tidak dapat dipastikan, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengerjakan sendiri pembersihan karpet dengan menyewa peralatan, memiliki kelebihan dari sisi penghematan biaya. Namun anda akan dituntut untuk dapat menyediakan waktu yang luang dan tenaga yang cukup karena proses pembersihan karpet itu tidak sebentar dan banyak tenaga dibutuhkan untuk memindahkan furniture atau barang-barang yang berada di atas karpet. Sedangkan apabila menggunakan jasa atau layanan pembersihan karpet anda tidak perlu banyak mengeluarkan waktu dan tenaga. Anda cukup memastikan bahwa hasil pekerjaan sesuai dengan ekspektasi yang dijanjikan.

Namun, Apabila anda memiliki frekuensi atau intensitas yang tinggi (sering) dalam membersihkan karpet, ada baiknya Anda mencoba alternatif lain selain dua pilihan di atas. Yaitu dengan berinvestasi atau membeli peralatan pembersih karpet, baik baru ataupun bekas. Dengan melakukan investasi peralatan, maka biaya sewa peralatan pembersih dapat lebih ditekan. Karena peralatan pembersih memiliki masa penyusutan yang cukup panjang.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian atau investasi peralatan, perlu kiranya mengetahui dan memahami jenis-jenis mesin pembersih karpet yang ada di pasaran.

1. Mesin pembersih karpet kering

Dengan metode ini, bahan pembersih kering disebarkan di atas karpet dan kemudian disedot dan setelah itu kotorannya tersedot ke dalam vakum. Dengan menggunakan mesin ini karpet ini tidak akan basah.

2. Mesin pembersih karpet basah 

Disebut juga dengan metode pembersihan menggunakan uap. Dengan metode ini larutan pembersih basah dimasukkan ke dalam karpet. Kotoran bercampur dengan larutan pembersih basah dan tersedot kembali ke dalam mesin. Karpet umumnya mengering dalam 4 jam atau tergantung juga pada musim dan lingkungan.

3. Mesin bonnet cleaning

Ini adalah mesin pembersih karpet kering dengan menggunakan bantalan bundar yang terdapat pada bagian bawah mesin. Bantalan bundar tersebut melakukan gesekan untuk menarik kotoran dari karpet. Namun proses ini pembersihannya kurang sempurna. Perlu juga kiranya melakukan survei perbandingan harga mesin-mesin tersebut.

 

Ataupun jika keputusan yang dipilih menggunakan jasa pembersihan, saat ini cukup banyak jasa pembersihan karpet yang dapat diandalkan, namun tentunya perlu dilakukan survei dan evaluasi yang mendalam terhadap kinerja perusahaan tersebut. Namun apabila pilihan justru jatuh pada penggantian karpet lama dengan karpet baru, Maka planetkarpet.com menjadi pilihan yang ideal. Di planetkarpet.com tersedia banyak pilihan karpet di antaranya karpet hotel karpet ballroom karpet masjid karpet kantor dan lain sebagainya. Dan yang pasti, kualitas dan harga dapat diandalkan.