Yang Harus Dilakukan Jika Kartu Memori Minta Format

Kehadiran kartu memori saat ini banyak dibutuhkan terutama di ponsel yang memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Meski bersifat opsional, namun karena seringnya memori internal ponsel cepat penuh maka pengguna ponsel pun selalu menggunakannya. Tak semua kartu memori bisa berfungsi dengan normal. Salah satu masalah yang kerap dialami adalah kartu memori minta format.

Menggunakan memori internal kita bisa menampung beraneka macam format file misalnya foto, video, lagu dsb di Hape. Hanya saja, beberapa seri smartphone menawarkan memori internal yang tak mencukupi sehingga membutuhkan memori ekstra yaitu kartu microSD. Kartu microSD adalah pilihan paling tepat meningkatkan kapasitas memori di perangkat. Dengan begitu data yang bisa disimpan bisa lebih banyak. Lebih-lebih bila kita menggunakan smartphone untuk mobilitas yang membutuhkan space memori besar untuk bermacam kebutuhan baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun hobi.

Ada beberapa penyebab mengapa memori card minta format baik itu di ponsel maupun kamera digital. Beberapa penyebabnya seperti : kartu memori rusak, terpindai ada virus, usia pakai sudah lama, dan beberapa sebab lainnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki kartu memori minta format?

Beberapa solusi yang dishare oleh duahp.com berikut mungkin akan menyelesaikan masalahnya :

kartu memori Minta Format

Format Kartu Memori

Pesan format biasanya keluar di ponsel Android yang mengalami masalah pada kartu MicroSD yang digunakan. Untuk menanganinya kita mesti menggunakan komputer. Sebab jika hanya di perangkatnya biasanya hasil format tak bersih. Untuk cara ini anda mesti mengikhlaskan file yang tersimpan hilang. Prosedurnya adalah sebagai berikut.

Copot kartu memori dari ponsel. Kemudian masukkan ke slot card reader. Colokkan card reader ke komputer/laptop hingga terbaca sebagai removable drive. Setelah itu klik kanan Drive kartu memori dan pilih opsi Format. Selanjutnya checklist pilihan Quick Format dan jenis system FAT32, tekan tombol Start untuk memulai pemformatan. Biarkan prosesnya selesai. Setelah itu copot kartu dari card reader dan pasang lagi ke slot memori di ponsel. Biasanya pesan kartu memori minta format akan hilang. Namun jika masih seperti itu, lakukan proses format sekali lagi.

Low Level Format

Low level format adalah metode membersihkan semua file yang tersimpan di kartu MicroSD hingga bersih (Write Zeros). Menggunakan teknik ini, notifikasi kesalahan di kartu memori pasti tak akan muncul kembali. Tatacaranya adalah sebagai berikut. Lepaskan dahulu kartu memori dari ponsel, masukkan ke card reader lalu colokkan ke komputer/ laptop. Begitu kartu memori terdeteksi, jalankan software HDD LLF.

Software tersebut dapat diunduh dari situs hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool. Dari halaman utama software, ditampilkan daftar drive, klik pada drive kartu memori kemudian tekan tombol Continue. Biarkan hingga prosesnya selesai. Setelah selesai, lepas kartu memori lalu pasang ke slot kartu di ponsel.

Menangani Kartu Memori Tanpa Kehilangan Data

Menggunakan metode sebelumnya, mungkin mudah untuk mengatasi pesan kartu memori minta format di ponsel Android. Hanya saja akibatnya data di dalamnya hilang bersih tak bersisa. Adakah cara lain yang masih bisa mempertahankan data di dalamnya? Kita dapat memanfaatkan fitur chkdisk yang disediakan Windows di laptop. Menu tersebut bekerja dengan memindai kemudian memperbaiki bagian drive yang rusak. Menu tersebut pun kerap digunakan ketika pengguna ingin menangani kartu memori bermasalah.

Seperti biasanya, koneksikan kartu memori ke komputer/ laptop menggunakan card reader. Sesudah itu klik kanan pada drive kartu memori yang terbaca di komputer, dan pilih Properties. Dari jendela yang terbuka, klik Tools > Check > Repair Drive. Tunggu hingga prosesnya selesai. Metode ini berguna untuk memindai dan kemudian memperbaiki error di kartu memori.

Gunakan 7 Data Recovery

Kita pun dapat menyelamatkan file yang tersimpan di kartu memori meski ada pesan kartu memori minta format. Software 7 Data Recovery harus diinstal di komputer atau laptop. Unduh software tersebut dari link berikut : https://s.id/ch9PP. Pasang di komputer lalu buka software-nya. Di halaman utama, klik menu Complete Recovery. Tentukan drive yang hendak diperbaiki, kemudian tekan Next. Proses pemindaian berlangsung dalam waktu yang tak lama. Hasilnya adalah file – file yang terhapus/ hilang ditampilkan dengan lengkap. Save file-file yang diperlukan dalam folder  Windows di komputer. Selanjutnya copy ke kartu memori baru untuk dipasang di ponsel.

Mengganti dengan Kartu Memori Baru

Bilamana cara-cara sebelumnya masih belum berhasil dan pesan kartu memori minta format masih saja muncul, mungkin saatnya kita mengganti dengan yang baru. Boleh jadi kartu memori yang digunakan memang sudah melewati masa pakai. Berarti kartu memori microSD harus diganti dengan yang baru. Saat ini harga kartu microSD cukup murah dengan kapasitas penyimpanan yang mencukupi. Misalnya harga kartu MicroSD kapasitas 16 GB class 10 hanya ditawarkan mulai Rp.30ribuan saja.