Hobi Foto Makanan? Pastikan Sudah Install Aplikasi Edit Foto Ini, Agar Foto Makin Kece!

Memiliki hobi memotret makanan bukanlah sesuatu hal yang buruk untuk dilakukan. Selain bisa menyenangkan diri karena termasuk dalam hobi, kamu juga bisa mendapatkan banyak peluang, termasuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tentunya bila hobi tersebut kamu jalankan secara tekun dan profesional. Nah, agar foto hasil makanan bisa lebih menarik untuk dilihat para pengikut kamu, pastikan kamu sudah menginstall salah satu aplikasi edit foto di bawah.

Beberapa waktu lalu, seorang mahasiswa S2 dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang juga berprofesi sebagai fotografer makanan memberikan beberapa tips untuk kamu yang baru memulai menjadi seorang food blogger.

Ia menyampaikan bahwa untuk dapat menghasilkan sebuah konten foto makanan yang menarik, kini tidak wajib untuk menggunakan peralatan kamera profesional, seperti kamera DSLR atau sejenisnya. Dengan memanfaatkan fitur smartphone yang kamu punya, itu sudah cukup agar bisa memiliki hasil foto yang keren.

Selain harus mengetahui angle foto yang baik untuk jenis makanan, kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara memaksimalkan foto tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi edit foto. Ada beberapa aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan, berikut beberapa diantaranya yang diambil dari website teknolagi.

1. VSCO

VSCO

VSCO banyak dijadikan favorit dari para food blogger dalam mempercantik foto makanan mereka. Ada puluhan filter yang siap digunakan yang bisa menyulap foto kamu dengan beragam warna dan mood yang berbeda tentunya.

Agar halaman sosial media kamu bisa menjadi lebih menarik, misalnya Instagram, kamu bisa menggunakan jenis efek filter yang sama untuk semua foto makanan, seperti halnya yang dilakukan oleh Mahasiswa ISI di atas. Dengan begini, konten pada sosial media kamu akan tampak lebih bertema.

2. Unfold

Unfold

Bosan dengan tampilan makanan dengan frame yang begitu-begitu saja? Maka kamu wajib untuk mencoba aplikasi Unfold. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memngubah foto makanan yang telah kamu ambil menjadi ala-ala foto Polaroid. Selain itu, kamu juga bisa lho menambahkan caption langsung pada foto. Jadi, misalnya informasi singkat seperti harga makanan dan lokasi.

Tentu fitur tersebut akan sangat berguna dan memudahkan para pengikut kamu yang ingin mencoba makanan tersebut. Tapi, jika ingin merubah pewarnaan dari foto makanan kamu, hmm sebaiknya kamu menggabungkannya dengan dua aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya agar lebih maksimal.

3. Canva

Canva

Jika kamu malas melakukan edit foto dengan harus menginstall aplikasi tambahan, maka kamu bisa mencoba aplikasi edit foto berbasis online melalui halaman web canva.com. Pada situs ini, para penggunanya dapat melakukan edit foto menggunakan template yang sudah tersedia atau bisa juga membuat dari awal sesuai keinginan.

Tentu ini akan sangat membantu, terutama bila kamu sedang kehabisan ide. Jadi dengan banyaknya template yang tersedia, referensi untuk ide yang baru akan lebih mudah didapatkan. Cobain ya, karena kamu tidak perlu membayar untuk mayoritas fitur-fitur yang ada.

4. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom Mobile

Adobe Lightroom adalah aplikasi edit foto yang dibuat oleh perusahaan Adobe. Layaknya aplikasi edit foto pc seperti Photoshop, kamu dapat mengatur gaya foto kamu secara manual melalui aplikasi ini. Tidak hanya itu, bila kamu ingin melakukan revisi terhadap perspektif foto yang telah diambil, kamu juga dapat merekayasanya pada aplikasi Lightroom.

Akan tetapi, apabila kamu tidak ingin melakukannya secara manual, kamu juga dapat menggunakan filter yang telah tersedia, seperti fitur yang dimiliki pada aplikasi VSCO. Agar bisa menggunakan keseluruhan fitur yang ada, kamu perlu membayar untuk biaya berlangganan.

Jadi, inti dalam menciptakan foto makanan yang terlihat enak dan menarik adalah dengan menerapkan teknik fotografi, lalu memberikan sentuhan final menggunakan aplikasi edit foto. Dengan demikian, kamu hanya perlu konsisten hingga mendapatkan lebih banyak pengikut yang menanti postingan kamu selanjutnya.