Salah Jurusan Kuliah? Berikut Tips Jitu untuk Menghadapinya

Saat mendaftar kuliah di institusi maupun universitas yang anda pilih tentu dihadapkan dengan beberapa opsi jurusan yang mungkin Anda minati selain jurusan yang dituju. Hal ini yang menyebabkan terkadang mahasiswa mengalami kesalahan jurusan. 

Hampir sebagian besar mahasiswa yang salah memilih jurusan kuliah kebingungan bahkan putus asa dalam menjalaninya sebab sudah tidak sesuai dengan kompetensinya. 

Buat Anda mahasiswa yang mengalami masalah ini tentu saja harus dihadapi jangan sampai malah memilih putus kuliah. Lalu bagaimana tips jitu untuk menghadapi kesalahan jurusan tanpa harus merugikan dan berdampak pada eksistensi pendidikan kita?

Singkirkan Perasaan Terkekang dan Berorientasi ke Depan

Saat menerima materi kuliah di kelas, perasaan bosan dan terkekang pasti melintas di pikiran Anda terlebih ketika materi yang Anda terima sulit untuk dipahami. 

Mulai sekarang buang rasa bosan dan rasa terkekang yang Anda alami. Belajar untuk memaksimalkan kemampuan dalam menemukan relasi yang dapat membantu Anda memahami materi kuliah. Ingat tidak ada yang tidak mungkin dalam segala hal kalau Anda mau berusaha. 

Lihatlah ke depan sebentar lagi Anda akan menyandang sarjana, memilih putus kuliah sama saja Anda sudah menyia-nyiakan pengorbanan orang tua Anda untuk mendukung pendidikan sampai perguruan tinggi sekaligus peluang dan kesempatan yang sudah Anda dapatkan sepanjang semester lalu.

Curahkan Perasaan Tidak Nyaman Itu pada Sahabat Anda

Sahabat salah satu tempat Anda berpulang ketika tertimpa masalah seperti salah jurusan. Siapa tahu dengan curhat ke sahabat anda akan diberikan solusi untuk menghadapi masalah kuliah anda sekaligus saran maupun motivasi yang mendukung. Lakukan hal ini sesering mungkin supaya Anda bisa menghadapi tantangan kuliah yang menurut anda di atas rata-rata. 

Perbanyak Soft Skill, Ikuti UKM sesuai dengan Passion dan Hobimu

Mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi perasaan tidak nyaman di kelas akibat jurusan kuliah yang salah. Misalnya jika Anda gemar atau bakat di bidang kepenulisan bisa mengikuti UKM yang mewadahi bidang tersebut. 

Selain UKM Anda juga bisa mengikuti komunitas-komunitas ekstra seperti komunitas video dan fotografi, ulas film, desain dan lain sebagainya. Dengan Anda tidak memilih terpuruk akan situasi ini, rasa bosan dan terkekang Anda tidak akan berlangsung lama dan percayalah soft skill yang Anda miliki akan lebih terasah dengan komunitas yang Anda ikuti.

Sering-sering Belajar dengan Teman 

Belajar bersama tentu saja sangat menyenangkan, apalagi ketika kita memang kurang memahami mata kuliah yang sedang dipelajari. Dengan memilih belajar bersama teman Anda pasti akan sedikit banyak mendapatkan pengetahuan tambahan dari mereka. 

Bahkan hanya itu saja teman-teman anda bisa saja akan membantu Anda memahami lebih dalam dan detail materi kuliah yang kurang Anda pahami selama ini jadi jangan ragu untuk memilih belajar bersama teman sekelas Anda.

Jalan-jalan untuk Refresh Pikiran

Mendapatkan hidangan materi sulit dan membosankan dari jurusan kuliah yang kita pilih seperti seringkali membuat kita suntuk dan terpuruk. Untuk itu refreshing melepas beban yang Anda alami selama kuliah merupakan hal yang wajib untuk Anda laksanakan supaya stres akibat terlalu dikekang atau dituntut oleh keadaan bisa dikurangi.

Mulai Lapangkan Hati Anda, Bahwa Keputusan Ini yang Terbaik

Tidak ada sesuatu yang terjadi di dunia ini melainkan sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa termasuk kuliah dengan jurusan yang salah pasti di balik keterpaksaan ini ada hikmah besar dari Tuhan. 

Itulah pembaca tips untuk menghadapi rasa terkekang dan terpuruk saat terlanjur masuk pada jurusan kuliah yang salah. Supaya kesalahan ini tidak terjadi lagi saat kuliah S2 Anda. Coba temukan opsi jurusan sesuai kompetensi Anda maupun tips tertentu di goKampus.com.