Pengertian Pemasaran, Jenis & Fungsinya

Pemasaran adalah istilah kata yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar tentunya. Karena setiap kita ingin berbisnis pasti akan berhubungan dengan namanya pemasaran. Lalu apasih pemasaran itu?

Pemasaran adalah suatu bentuk pengenalan produk kepada masyarakat luas yang dapat menguntungkan satu sama lain.

Berikut ulasan mengenai pemasaran yang dijelaskan secara jelas dan mudah dimengerti.

Pengertian Pemasaran, Jenis & Fungsinya

Pemasaran juga banyak diartikan oleh beberapa ahlinya.

Pengertian pemasaran

Pemasaran adalah suatu bentuk kegiatan yang menyeluruh, terencana dan juga terpadu yang dilakukan suatu perusahaan, hal tersebut bertujuan agar dapat menunjang permintaan dari masyarakat (pasar). Adapun hal – hal yang harus dilakukan tersebut adalah membuat produk yang bernilai jual, kemudian menentukan harga dari produk tersebut, lalu bisa dikomunikasikan,  setelah itu bisa saling tukar tawaran yang bernilai bagi pembeli.

Pemasaran Menurut Ahli:

  • William J. Stanton, pemasaran adalah suatu bentuk perencanaan mengenai harga, promosi, dan juga distribusi.
  • Firdaus, pemasaran adalah suatu bentuk pertahanan bagi setiap perusahaan dalam menjaga produknya agar tetap dikenal, dikonsumsi, sehingga tetap memperoleh keuntungan.

Jenis – Jenis Pemasaran

Adapun jenis-jenis dari pemasaran diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Relationship Marketing

Jenis pemasaran ini sangat banyak digunakan oleh perusahaan maupun suatu organisasi, karena mereka lebih memilih jenis pemasaran ini daripada harus menggaet konsumen baru.

2. Public Relations (PR) Marketing

Jenis pemasaran yang menggunakan media untuk mempublikasikan produknya. Hal ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pentingnya akan produk mereka.

3. Cloud Marketing

Jenis pemasaran yang seluruh sumber daya dan juga assetnya di masukkan ke dalam media online. Contohnya adalah affiliate.

4. Word of Mouth Marketing

Jenis pemasaran Word of Mouth Marketing atau biasa kita sebut dengan dari mulut ke mulut ini juga banyak digunakan di kalangan masyarakat. Meski jenis pemasaran ini terbilang sangat tua, tapi tetap berpengaruh loh dalam pemasaran di kalangan masyarakat.

Sumber Lengkap: https://www.pendidik.co.id/

Fungsi Pemasaran

Adapun fungsi dari pemasaran diantaranya adalah sebagai berikut:

  •  Fungsi Sebagai Perantara, yakni suatu bentuk aktivitas penyampaian produk dari penjual ke pembeli, yaitu dengan melalui perantara marketing. 
  • Fungsi Pertukaran, yakni dengan adanya pemasaran di dalam masyarakat maka akan dengan mudah melakukan aktivitas pertukaran, baik tukar antara produk dengan uang maupun produk dengan produk.
  • Fungsi Distribusi Fisik, yakni melakukan penyimpanan terhadap suatu barang atau produk, melakukan pengangkutan yang dapat dilakukan melalui darat, air maupun udara.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Pemasaran, Jenis & Fungsinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih 🙂