Dua Bentang Alam Yang Membatasi Benua Asia Dengan Benua Eropa

Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi. Pada mulanya sekitar 250 jt tahun yang lalu hanya terdapat 1 benua di muka bumi ini yaitu benua pangea.

Kemudian lama kelamaan terbelah menjadi beberapa benua yang sudah kita ketahui saat ini. Nah saat ini sendiri bumi memiliki 7 benua yang pertama benua afrika, asia, eropa, australia, antartika, amerika utara, amerika selatan.

Ketujuh benua tersebut tentunya memiliki iklim dan cuaca yang berbeda dan juga sumber daya alam yang berbeda juga.

Sedikit untuk pengetahuan bahwa letak benua asia sendiri berada  77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Sedangkan untuk letak benua eropa adalah 71°LU–35°LS dan 9°BB–66°BT.

Selain itu benua asia dan eropa juga memiliki bentang alam yang membatasi antara benua eropa dan asia. Apa saja sih dua bentang alam tersebut?

Yuk Langsung saja simak Penjelasan saya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan aktual.

Dua Bentang Alam Yang Membatasi Benua Asia Dengan Benua Eropa

  1. Pegunungan Ural

pegunungan ural

Nah untuk bentang alam yang membatasi benua asia dan eropa adalah pegunungan ural. Pegunungan ural sendiri terletak di wilayah rusia dan juga salah satu pegunungan tertua di dunia.

Selain menjadi batas alam yang membatasi asia dan eropa, pegunungan ural juga memiliki sumber daya alam yang melimpah salah satunya adalah emas.

Bahkan ada beberapa perusahaan yang datang secara langsung ke pegunungan ural untuk berinvestasi tentang penambangan kekayaan alam emas.

Pegunungan ural juga salah satu wilayah yang terkenal akan suhunya yang dingin, dan juga memiliki berbagai tempat bersejarah salah satunya adalah kuil.

Baca juga mengenai : Penyebab Polusi Air Serta Dampak, dan Cara Mengatasinya Di alamalami.com

2. Laut Kaspia

laut kaspia

Untuk batas bentang alam benua asia dan eropa selanjutnya adalah laut kaspia. Laut kaspia sendiri berada di perbatasan wilayah iran, selain itu letak laut kaspia ini juga berbatasan dengan rusia. Maka dari itu laut kaspia merupakan salah satu bentang alam yang membatasi antara benua asia dan eropa.

Selain itu kekayaan alam yang terdapat di laut kaspia juga melimpah. Salah satu yang terkenal yaitu cadangan minyak yang ada di laut kaspia, diperkirakan bahwa cadangan minyak yang ada di lautan tersebut sekitar 49 miliar barel yang tentunya angka tersebut sangatlah banyak.

Nah itu dia sedikit penjelasan saya mengenai dua bentang alam yang membatasi wilayah benua asia dan eropa. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kamu ya.