Mengenal Parenting Beserta Ragam Jenisnya

Ilmu parenting erat kaitannya dengan tumbuh kembang anak baik dari sisi emosional, sosial, fisik, intelektual maupun spiritual. Namun sejauh ini tahukah Anda apa itu parenting? Untuk memahami hal tersebut, berikut ini akan kami sajikan ilmu yang berkenaan dengan pola asuh anak beserta jenis-jenisnya. Silahkan simak rinciannya berikut ini. 

Mengenal Definisi Parenting

Anda mungkin pernah menanyakan apa itu parenting? Kebanyakan jawabannya selalu sama, yakni berkaitan dengan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang tepat. Tak salah, hanya saja jika dirinci lebih dalam lagi tumbuh kembang anak tersebut dapat diamati meliputi beberapa hal, seperti emosional, sosial, intelektual, fisik, dan spiritual. 

4 Jenis Parenting yang Perlu Anda Pahami 

Selain memahami konsep dari ilmu parenting itu sendiri, kini Anda pun harus memahami pula beberapa jenisnya. Berikut ini ada empat jenis parenting yang perlu Anda pahami, yuk simak penjelasannya.

  • Authoritative Parenting

Tipe pertama adalah authoritative, dimana orang tua yang menggunakan parenting jenis ini cenderung mendukung tiap keputusan anak. Tipe ini dianggap paling ideal karena akan berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri anak. 

  • Neglectful Parenting

Jenis ini sebisa mungkin harus Anda hindari karena akan berpotensi anak mengalami gangguan kurang perhatian. Tak lain karena disebabkan orang tua terlalu sibuk sehingga tidak ikut andil dalam pengasuhan dan berakhir pada munculnya jarak antara orang tua dengan anak.

  • Authoritarian Parenting

Salah satu jenis pola pengasuhan yang harus Anda hindari adalah authoritarian. Pada jenis ini anak akan merasa pasif dan kurang pecaya diri. Hal ini disebabkan karena orang tua terlalu membatasi ruang gerak anak dan senantiasa memaksakan kehendak.

  • Indulgent Parenting 

Terakhir ada indulgent parenting yang bisa memicu anak tumbuh menjadi seorang yang percaya diri. Meski demikian jika kurang diimbangi dengan jenis lainnya juga dapat berakibat fatal. Anak akan merasa bahwa dirinya menjadi seorang yang diprioritaskan sehingga setiap apa yang diinginkan harus segera dipenuhi. Hal ini disebabkan karena orang tua yang menggunakan pola asuh tersebut cenderung menuruti setiap kehendak anak. 

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai hal-hal yang berhubungan dengan parenting. Tentu sampai disini Anda sudah paham bukan, apa itu parenting dan jenis-jenisnya. Selanjutnya untuk menambah wawasan Anda, silakan perbanyak sumber referensi lain yang relevan. Semoga bermanfaat. 

Sumber: bondanita.com