Gulai Santan Ikan Kakap yang Enak dan Bikin Makan Nambah Terus

Gulai santan ikan kakap bisa menjadi salah satu menu masakan saat acara arisan keluarga. Karena makanan itulah hal yang dijadikan pilihan wajar saat kumpul bersama bahkan lebaran. Simak resepnya!

Gulai

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang sangat identik dengan kebiasaan masyarakat tanah air. Sebagai contoh nasi, kerupuk, sambal hingga minuman contohnya teh ataupun kopi. Selain itu, makanan dari negara kepulauan ini juga tidak bisa lepas dengan sajian aneka gulainya. 

Coba saja lihat pada masakan padang, aneka gulai dapat kita temukan, mulai dari gulai nangka atau gulai buncis sampai yang berdaging misalnya gulai ayam dan gulai kepala ikan. 

Cara Membuat Gulai Santan Ikan Kakap

Bahan-bahan :

  • Ikan kakap segar 1 ½
  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • 1 kg santan yang berasal dari kelapa yang sudah dikupas dengan mesin pengupas batok kelapa.
  • Cabai merah keriting 12
  • 4 cabai rawit hijau
  • Kunyit 1 ½ ruas
  • Serai 2 batang
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Jeruk nipis 4 buah
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Gulai Santan Ikan Kakap :

  1. Cuci ikan kakap hingga bersih, lalu rendam pada potongan bauh jeruk nipis agar tidak terlalu amis. 
  2. Haluskan cabai rawit dan cabai keriting, lalu sisihkan. 
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe. 
  4. Tumis cabai dan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan dengan serai yang sudah digeprek. 
  5. Tambahkan santan lalu aduk hingga bumbu tercampur rata. 
  6. Masukkan ikan kakap, kemudian tunggu hingga bumbu meresap. 
  7. Gulai ikan kakap siap disajikan

Jenis-jenis Gulai di Indonesia

1. Gulai Ayam

Olahan gulai satu ini biasa kita akan menemui di rumah makan Padang. Selain rendang, biasanya gulai ini juga banyak dicari oleh pecinta masakan khas asal Minangkabau tersebut, ini disebabkan karena cita rasa dari kuah gulai yang gurih, agak pedas dan kaya akan rempah tersebut meresap pada daging ayam nan lembut. 

2. Gulai Cubadak

Gulai lainnya yang juga wajib disediakan pada rumah makan khas padang ialah gulai cubadak atau orang lebih mengenal gulai nangka muda. Tekstur buah nangka yang kenyal, penuh serat dan empuk ini mudah menyerap kuah gulai yang lezat dan kaya rempah. Biasanya gulai dari buah nangka juga dimasak bersama dengan irisan kol dan kacang panjang. 

Nah, gulai cubadak sendiri tidak hanya disuguhkan di rumah makan padang saja tapi saat ini ada juga di warung nasi seperti warteg. Namun, perbedaannya nampak pada kekentalan kuahnya. Jika pada masakan khas padang kuah gulai cubadak tampak lebih kental, sedangkan di rumah makan yang identik dengan masakan jawa biasanya berkuah lebih encer. 

3. Gulai Belacan

Jenis gulai satu ini berasal dari daerah Riau. Dinamakan gulai balacan karena didalamnya memang terdapat campuran sambal balacan yang ada di dalam kuahnya, hingga berwarna lebih merah. Untuk cita rasanya sendiri tetap didominasi oleh gurihnya santan namun, ada sedikit tambahan asam yang samar-samar. Ini dikarenakan adanya campuran air asam jawa pada bumbu, tetapi hanya ditambahkan dengan jumlah yang sedikit saja. 

3. Gulai Tunjang

Gulai tunjang atau yang biasa dikenal dengan gulai kikil ialah makanan khas Padang. Seperti gulai jenis lainnya, hanya saja yang membedakan yakni penggunaan kikil atau kaki sapi. Jenis gulai ini disukai karena tunjang bertekstur kenyal dan rasanya gurih, ditambah dengan kuah gulai yang meresap menjadi semakin nikmat. 

4. Gulai Kepala Ikan

Gulai satu ini digemari karena resapan bumbunya yang meresap sampai masuk ke sela-sela daging dibagian kepala ikan. Untuk kepala ikan yang dipakai adalah kepala ikan kakap yang ukurannya yang lebih besar dari jenis ikan lainnya.

Maka dari itu, meski daging pada kepala ikan hanya sedikit namun, bumbunya yang meresap sampai ke tulang membuat orang gemar menyeruputnya hingga bersih. 

Manfaat Ikan Kakap untuk Kesehatan

Ada banyak jenis ikan kakap seperti kakap batu, kakap cubera, kakap domba, lane snapper, kakap gajah, dan lain sebagainya, tetapi yang paling banyak berkembang biak dan dapat dikonsumsi di Indonesia yaitu kakap putih dan juga kakap merah. 

1. Mendukung Tumbuh Kembang Pada Tubuh 

Ikan kakap memiliki kandungan asam lemak omega 3 dengan khasiat yang sangat bagus dan penting bagi tubuh karena untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan tubuh secara menyeluruh. Manfaat asam lemak omega 3 adalah untuk meningkatkan kesehatan otak serta mata. 

Ibu hamil dan menyusui dianjurkan memenuhi kebutuhan asupan asam lemak omega 3 karena dapat mencegah risiko keterlambatan tumbuh kembang, masalah perilaku, autism, ADHD, dan cerebral palsy pada anak. 

Manfaat kandungan tersebut juga sangat penting karena dapat meningkatkan kecerdasan serta keterampilan sosialisasi pada anak-anak. Kandungan dari asam lemak omega 3 dalam daging ikan kakap merah juga berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit kanker, penyakit Alzheimer, penyakit autoimun, sindrom, metabolisme, peradangan, penyakit jantung, gelisah, penurunan mental, dan gejala depresi. 

2. Berperan Sebagai Antioksidan 

Pada 3,5 ons porsi daging ikan kakap merah mengandung sebanyak 70% dari kadar yang dianjurkan oleh USDA. Manfaat selenium ialah untuk mendukung fungsi dari sel darah putih yang diperlukan kelenjar tiroid supaya dapat bekerja dengan optimal. 

Selenium juga bermanfaat sebagai antioksidan guna mencegah paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA serta berbagai penyakit mematikan seperti rheumatoid arthritis, penyakit jantung, dan kanker. 

Antioksidan selenium ini dapat menjadi semakin kuat jika dipadukan dengan sebuah vitamin E. Jadi, Anda bisa menyajikan ikan kakap dengan bahan makanan sumber vitamin E seperti sayur-sayuran hijau yang memiliki daun gelap, bayam, bit hijau, daun kangkung, atau asparagus, ataupun lainnya untuk mengoptimalkan manfaat ikan kakap merah. 

3. Dapat Mendukung Metabolisme serta Fungsi Kerja pada Tubuh

Ikan kakap merupakan sumber zat protein yang penting bagi tubuh. Setiap orang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan protein setiap harinya sekitar 0, 8 gram protein per kilogram berat badan. 

Ada beberapa penelitian memaparkan bahwa asupan protein tinggi bisa mendukung metabolisme serta fungsi kerja pada tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, gangguan ginjal, dan penyakit lainnya. 

Manfaat protein untuk kesehatan yaitu untuk meningkatkan massa dan juga kekuatan otot, kesehatan pada tulang, sistem metabolisme, pembakaran lemak, serta penyembuhan tubuh jika Anda mengalami luka atau cedera. 

Anda juga bisa menjadikan ikan kakap merah untuk menu diet tinggi protein yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga lebih mudah untuk mengontrol nafsu makan Anda. Ini adalah pilihan yang sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari bahan alternatif menu diet sehat. 

4. Meningkatkan Kesehatan Mata serta Mencegah Penyakit 

Satu porsi ikan kakap terdapat sekitar 14% vitamin A dari anjuran asupan harian tubuh. Vitamin A merupakan nutrisi yang larut dalam lemak. Kegunaan vitamin A untuk kesehatan adalah untuk memperkokoh sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, tulang, serta kesehatan reproduksi. 

Berdasarkan penelitian para ahli, vitamin A dengan wujud beta karoten juga berfungsi menghambat beberapa jenis kanker termasuk kanker serviks, kandung kemih, paru-paru, kandung, serta limfoma Hodgkin. 

5. Dapat Mencegah Anemia

Manfaat daging ikan kakap merah selanjutnya yaitu untuk mencegah anemia megaloblastik. Pada 85 gram ikan kakap merah mengandung sebanyak 3 mikrogram vitamin B12 yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat. 

Hal tersebut kemudian dikaitkan dengan efektivitas untuk membantu mencegah anemia karena jika kita kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Meski demikian, penelitian lanjutan masih juga dibutuhkan. Vitamin B12 juga ditemukan di daging, telur, susu, dan juga produk olahan susu. 

6. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung 

Dalam 8 gram daging ikan kakap merah memiliki kandungan asam eikosapentaenoat sebanyak 41 miligram atau (EPA) dan juga 232 miligram asam docosahexaenoic (DHA). Asam lemak omega 3 memiliki manfaat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan juga kadar tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Anda dianjurkan untuk makan sekitar 85 gram makanan dari laut agar dapat memenuhi kebutuhan 250 miligram DHA dan EPA per minggu untuk berbagai manfaat kesehatan. 

 7. Menurunkan Berat Badan

Jenis ikan kakap ini tergolong dalam ikan rendah kalori yang sangat tepat untuk menu program diet Anda. Karena setiap 85 gram daging ikan kakap merah ini mengandung 109 kalori serta 22 gr protein, dapat dikatakan memenuhi 44% rekomendasi asupan yang disarankan per hari. 

Protein dapat mengurangi hormon ghrelin atau bisa disebut hormon lapar. Kandungan ini juga bisa meningkatkan kadar peptida atau hormon yang membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak akan mengkonsumsi camilan lain. Menu ini cukup efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan. 

8. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak 

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa mengkonsumsi ikan secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, memori, dan bisa buat mencegah penurunan mental yang bisa khususnya pada lansia. Perpaduan kandungan gizi ikan yang cukup lengkap meningkatkan jaringan fungsional utama pada otak yang mengatur memori dan emosional. 

Ada bermacam manfaat ikan kakap bagi kesehatan manusia. Daging ikan adalah sumber protein yang sangat kaya untuk membantu meningkatkan fungsi tubuh dimulai dari kesehatan otak, jantung, mata, dan organ vital lainnya. 

Anda dapat menggunakan mesin parut kelapa agar dapat menghemat waktu ketika memarut kelapa untuk santan. Demikian artikel cara membuat gulai santan ikan kakap, selamat mencoba.