Sifat Sumber Daya Alam

Bumi sendiri sudah menyediakan kebutuhan manusia dan hewan dengan kekayaan alam yang ada, sehingga sumber daya alam yang ada bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya sebagai sumber pangan ataupun sebagai mata pencaharian.

Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam yang ada entah itu air, tanah, tumbuhan dan lainnya yang bisa kamu manfaatkan guna untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Sumber daya alam sendiri di bedakan menjadi dua macam yaitu sumber daya alam non hayati dan hayati.

sumber daya alam

Namun kamu harus selalu bijak mengambil kekayaan alam yang ada sebaik mungkin dan tidak mengambil secara berlebihan. Karena apabila kamu mengambil secara berlebihan akan menyebabkan rusaknya ekosistem yang ada maupun keseimbangan alam.

Nah sumber daya alam sendiri memiliki sifat sifat tertentu lho, apa sih sifat sifat tertentu dari sumber daya alam? Yuk langsung saja simak penjelasan kami di bawah ini mengenai beberapa sifat sumber daya alam.

Sifat – Sifat Tertentu Yang Dimiliki Sumber Daya Alam

  1. Sumber daya alam dapat menghasilkan produk utama

Sumber daya alam sendiri memiliki sifat tertentu yaitu dapat menghasilkan produk utama misalnya seperti batu bara, emas, nikel dan lainnya. Tentunya hal tersebut sangat berperan penting untuk kehidupan manusia entah itu untuk memenuhi kebutuhan manusia ataupun sebagai mata pencaharian.

Karena produk utama seperti emas dan batu bara sendiri memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran sehingga itu bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri.

Baca juga informasi mengenai tentang alam, hutan, pohon dan lingkungan di website alamalami.com informasi yang di sediakan juga aktual dan terpercaya.

2. Sumber daya alam hanya terdapat di tempat tertentu

Meskipun hampir semua negara memiliki sumber daya alam. Akan tetapi di setiap negara sendiri memiliki kekayaan alam yang berbeda beda misalnya di Australia sumber daya alam disana utamanya adalah alumunium, uranium dan batu mulia sedangkan Indonesia kekayaan alam yang ada adalah emas, batu bara dan nikel utamanya.

Setiap sumber daya alam juga memiliki harga jual yang berbeda beda setiap jenisnya ada yang tinggi maupun rendah harga jualnya. Meskipun begitu pemerintah harus mengolah kekayaan alam untuk memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan tersebut.

3. Sumber daya alam dapat menghasilkan dampak tertentu

Nah untuk yang terakhir sifat dari sumber daya alam sendiri dapat menghasilkan dampak tertentu entah itu bagi kehidupan manusia ataupun bagi lingkungan sekitarnya. Misalnya dampak positif dari sumber daya alam adalah dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Untuk dampak negatifnya sendiri dapat menyebabkan rusaknya lingkungan ataupun ekosistem yang ada apabila masyarakat mengambil kekayaan alam secara berlebihan tanpa memikirkan dampak yang terjadi di lingkungan tersebut.

Nah itu dia beberapa sifat tertentu yang dimiliki sumber daya alam semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu apabila ada salah kata maupun ucapan mohon mohon sebesar besarnya.