Screenshot Laptop Tidak Berfungsi, Begini Solusi Mudahnya

Untuk mengabadikan keadaan tertentu pada layar laptop, biasanya seseorang akan menggunakan fitur screenshot. Fitur ini memungkinkan seseorang untuk menangkap tampilan layar dan disimpan dalam format gambar. Setiap laptop biasanya memiliki fitur bawaan dari perusahaan untuk melakukan screenshot ini.

Untuk melakukan screenshot di laptop, Anda hanya perlu menekan tombol dengan logo Windows + prt sc, kemudian laptop akan mengedip beberapa detik pertanda bahwa hasil screenshot telah disimpan.

Lalu bagaimana jika fitur screenshot di laptop tidak berfungsi? Apakah harus menggunakan aplikasi tambahan?

Jangan khawatir, kami di sini akan memberikan solusi mudah bagi anda yang fitur screenshot di laptopnya tidak berfungsi. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung ke pembahasannya di bawah ini.

screenshot di laptop tidak berfungsi

Solusi Screenshot Laptop Tidak Berfungsi

Snipping Tool

Perancang dan pengembang laptop pasti sudah memperkirakan adanya kerusakan pada salah satu bawaan yang dimiliki. Oleh sebab itu, mereka sudah menyiapkan solusi cadangan apabila fitur utama mengalami kerusakan, salah satunya adalah snipping tool.

Apabila tombol screenshot pada laptop tidak berfungsi lagi, anda dapat menggunakan aplikasi snipping tool. Snipping tool ini merupakan salah satu aplikasi bawaan dari laptop yang berbasis windows yang difungsikan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu sebagai berikut;

  • Klik tombol start pada laptop, apabila anda menggunakan laptop dengan sistem Windows 10, menu ini terletak pada bagian kiri bawah. Kemudian masukan kata kunci ‘’snipping tool’’.
  • Setelah aplikasi snipping tool ditemukan, anda dapat membukanya kemudian pilih menu ‘’new’’ pada bagian kiri atas.
  • Apabila anda sudah mengklik menu ‘’new’’ otomatis laptop akan mengarahkan anda pada pengaturan layar agar anda dapat menentukan bentuk tangkapan layar.
  • Setelah melakukan pengaturan bentuk, gambar dari screenshot yang anda ambil akan ditampilkan. Klik menu ‘’Save Us’’ kemudian pilih folder mana yang akan anda gunakan untuk menyimpannya.

On Screen Keyboard

Satu lagi cara dan solusi mudah untuk dapat menggunakan fitur screenshot laptop tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan yaitu dengan menggunakan fitur On Screen Keyboard. Serupa dengan snipping tool, On Screen Keyboard ini merupakan fitur bawaan dari perusahaan laptop yang anda beli yang berfungsi sebagai keyboard digital.

Meskipun memiliki tampilan digital, On Screen Keyboard ini sangatlah mudah untuk digunakan. Sebagai panduan berikut ini cara menggunakan On Screen Keyboard pada laptop untuk menggunakan fitur Screenshot;

  • Klik Start atau tekan tombol berlogo Windows kemudian cari aplikasi Run atau lebih mudahnya ketik ‘’run’’ pada pencarian
  • Setelah jendela aplikasi run terbuka, masukan kata kunci ‘’osk’’. Setelah klik OK, layar laptop akan menampilkan On Screen Keyboard. On screen keyboard ini merupakan bentuk digital dari keyboard yang fungsinya juga serupa.
  • Karena memiliki fungsi yang sama dengan keyboard, anda dapat memperlakukannya sama dengan keyboard pada umumnya. Untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar dengan OSK ini, anda dapat mengklik tombol digital PrtScn.
  • Kemudian laptop akan mengarahkan anda pada pengaturan bentuk screenshot, setelah itu buka aplikasi paint.
  • Setelah aplikasi paint terbuka, klik menu ‘’Edit > Paste’’. Setelah hasil screenshot ditampilkan pada aplikasi paint, anda dapat menyimpannya pada laptop dengan cara klik menu ‘’save us’’
  • Untuk menyimpan hasil screenshot dari Osk ini, anda dapat memilih folder yang anda inginkan kemudian berikan nama.
  • Hasil screenshot anda sudah tersimpan secara rapi di folder yang anda pilih.

Demikian pembahasan lengkap mengenai solusi mudah apabila tombol screenshot pada laptop anda tidak berfungsi.  melalui dua solusi yang kami bagikan di atas, anda dapat mendapatkan tangkapan layar tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda, terima kasih!