Begini Cara Mengatasi Komputer Hang Dengan Cepat

Begini Cara Mengatasi Komputer Hang Dengan Cepat – Saat sedang menggunakan komputer untuk bekerja membuka beragam aplikasi baik untuk mengetik, main game e tetiba komputer menjadi diam saja, kursor tidak bisa di gerakkan alias ngehang.
 
Bila seperti ini bisa mencoba dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan dan akan terbuka halaman task manager. Untuk selanjutnya pilih aplikasi yang tidak bekerja atau not responding. Lalu tekan tombol end task. Seketika juga aplikasi tersebut akan tertutup. Tapi kalau dengan cara ini tidak mempan maka jangan sungkan untuk menekan tombol reset pada komputer yang biasa ada paa bagian depan dari cpunya sendiri.
 
Dengan cara merestart komputer adalah jurus pamungkas dalam keadaan tidak ada pilihan lainnya. Dan biasanya mujarap untuk menyelesaikan masalah yang ada bila ternyata ada aplikasi yang bermasalah. Kalau saja ini terselesaikan tetapi masih halitu terjadi bisa saja persoalannya pada bagian lainnya. Semisal : 
 
1. Overheating / Panas Berlebihan
Ada PC yang hang di seabkan proses pendinginan tidak baik. Cara menyelesaikan yang bisa kita lakukan :
Overheat ini terjadi di karenakan sistem pendingin di CPU sendiri tidak bekerja baik. Hal ini dapat di perbaiki dengan cara seperti ini:
  • Lepaskan heatsig dan kipas pada prosesor dengan hati – hati
  • Bersihkan debu pada baling – balingkan pendingin dan kipas pada prosesor. Beri pelumas bila di rasa kurang lepas putarannya bila memang rusak kipas bisa di gani.
  • Bersihkan dulu pasta kering di bagian prosesor dan juga heatsingnya. Ganti engan thermal pasta yang baru.
  • Pasang kembali prosesor, headsing dan kipas pada posisi semula dengan hari – hati.
 
2. PSU Trouble
Komputer hang bisa saja karena PSUnya sendiri yang bermasalah. Meskipun secara nyata masih bisa memberi daya komputer yang membuat tetap nyala. Kekurangnya daya ini akan memberi penaruh burh pada kinerja komputer sendiri, seperti hang dan post USB tidak dapat di gunakan. Untuk itu solusi terbaiknya adalah dengan mengganti PSU dengan yang baru. 
 
3 Harddisk 
Permasalahan komputer hang karena persoalan harddisk ini bisa terjadi karena,
  • Harddisk penuh
    Harddisk penuh ini akan membuat kinerja kompute menjadi lambat. Terlebih untuk drive C yang sering di gunakan untuk menjalankan program. Untuk mengatasinya bisa dengan memindahkan file file pad penyimpanan lainnya atau drive berbeda seperti D atau lainnya. Dengan ini maka drice akan berkurang kapasitasnya. Selain itu bisa jua dengan membersihkan temporary yang ada denga menjalanan disk cleanup. Langkahya Klik Star -> Run -> Ketikkan : cleanmgr
  • Hardisk Bad Sector.
    Tanpa di sadari tenyata komputer mengalami bad sector. Dimana pada bagian hd nya sendiri mengalami kerusakan. kerusakan ini bisa terjadi karena seringnya komputer mati sendiri tanpa melaui prosedur yang benar seperti hangatau mati lisrik.
    Untk mengetahui apakah HDnya ini bermasalah atau tidak bisa menggunakan aplikasi checkdisk. Aplikasi ini akan memeriksa sedam apa kerusakan dan bisa juga memperbaikinya. Tetapi terkadang tidak bisa di perbaiki karena memang sudah fatal kerusakannya. Bila memang sudah fatal maka langkah tebaiknya adalah dengan mengganti yang baru saja.
 
4. VGA Card rusak
Untuk anda yang menggunakan VGA tambahan juga perlu untuk mengeceknya. Karena VGA Card ini juga bisa menjadi pokok permasalahannya.  Umumnya VGA sendiri ada proses dan kipas. Bila kipas ini terkontaminasi dengan debu dan ini sudah menumpuk maka lambat laun akan menggu kinerjanya.  Langkah paling mudah adalah dengan melepasnya dari motherboard lihat apakahmasih hang atau tidak, bila iya maka persoalan ada pada vga cardnya.  
 
5. Koneksi jaringan
Teruntuk komputer yang terhubung dalam suatu jaringan kadang kala saat megambil data dari PC lain begitu lambat kerjanya. Sehingga terlihat seperti hang. Untuk menetahui kebenarannya kabel jaringan di lepas terlebih dahulu dan jalankan komputer seperti biasa saja. Kalau saja kondisi ini normal – normal saja maka persoalan ada pada jaringannya bisa dari kabel atau settingan lainnya.
Langkah untuk memperbaiknya :
  • Pasang konektor RJ45 dengan benar dan tepat di tempatnya
  • Bisa juga dengan mereset ulang hub nya, Tinggal cabut kabel powernya dan biarkan beberapa saat lalu dipasang kembali.
  • Bisa juga dengan memindah – mindahkan kabel yang ada di port satu dengan yang lainnya.
  • Langkah terakhir bila semua sudah di lakukan dengan baik tetapi masih bermasalah yakni dengan mengganti HUB atau menambahkan LAN Card yang baru.
 
6. Virus
Virus adalah penyebab masalah terbesar dan sering terjadi pada umumnya. Virus ini akan merusak sistem yang ada. Ketika virus bergerak biasanya akan memaksa komputer bekerja ekstra. Sehingga mengakibatkan menjadi hang.
 
Untuk membuang virus ini bisa gunakan antivirus dengan update terbaru. Banyak bertebaran antivirus keren – keren di sekitar kita. Bila sudah dibersihkan tetapi masih lemot dan memikin hang menginstall ulang adalah pilihan menarik.
 
Di butuhkan suatu keahlian untuk mendiaknosa kerusakan yang terjadi karena setiap komputer memiliki permasalahan berbeda – beda. Bila anda seorang yang sibuk dan tidak tahu menahu ada baiknya serahkan kepada ahlinya yakni teknisi service komputer terpercaya. Anda bisa mencari melalui internet atau dari rekomendasi kenalan anda.
 
Di jakarta sendiri saat ini banyak yang menyedikan jasa service komputer jakarta yang bisa datang ke tempat anda. Ini akan memudahkan dan menguntungkan anda sendiri. Karena waktu anda tidak banyak terbuang dari pada harus mendatangi bengkel komputernya sendiri.