Skoliosis Tak Boleh Dianggap Remeh

Skoliosis adalah salah satu pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar tujuannya adalah agar siswa tahu dan paham mengenai penyakit ini dan dapat mewaspadainya. Sebagaimana kasus skoliosis paling sering terjadi pada anak-anak.

Itu dilakukan memang skoliosis adalah hal genting yang tak boleh dianggap remeh untuk dibiarkan begitu saja. Skoliosis adalah masalah sering diabaikan dan sebab diabaikannya itulah dapat menjadi masalah yang cukup berbahaya.

Hal yang berbahaya dari skoliosis adalah penderita dapat mengalami masalah yang lebih berat seperti nyeri, masalah pernafasan, gangguan fungsi jantung, syaraf terjepit dan lain sebagainya.

Pada anak-anak satu-satunya penanganan terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan penyangga tulang belakang. Dalam proses pertumbuhan, anak-anak dapat terus tumbuh sembari memperbaiki arah pembentukan tulang belakang.

Nantinya dokter akan mengamati pertumbuhan tulang belakang dan melakukan Rontgen setiap pemeriksaan. Penggunaan penyangga sesungguhnya adalah untuk mencegah skoliosis menjadi semakin parah.

Penyangga ini menggunakan bahan plastik yang digunakan di bagian bawah lengan di sekitar punggung dan pinggul. Pentuknya melekat pada tubuh tak akan terlihat ketika menggunakan pakaian.

 

Penyangga ini akan digunakan sepanjang hari termasuk ketika tidur. Penyangga boleh dibuka hanya ketika berolahraga dan ketika pertumbuhan tulang belakang sudah berhenti.

 

Penanganan skoliosis

Skoliosis dapat ditangani dengan menggunakan obat pereda nyeri seperti obat antiinflamasi, non steroid dan juga ibuprofen. Diharapkan dengan menggunakan obat pereda nyeri dapat mengurangi rasa sakit yang timbul akibat skoliosis.

Suntik kortikosteroid juga dapat diberikan pada penderita skoliosis untuk mengatasi masalah tekanan pada tulang belakang yang menyebabkan munculnya rasa nyeri, kaku, dan juga kesemutan. Suntikan ini memiliki efek jangka pendek yaitu hanya seminggu saja.

Selain menggunakan penyangga, suntik, dan obat pereda nyeri, dalam kasus yang sudah parah skoliosis perlu dilakukan tindakan operasi sebagai cara penanganan. Operasi scoliosi ada tiga jenis yaitu penggabungan tulang, disektomi, dan laminektomi.

Operasi penggabungan tulang dilakukan dengan menggabungkan dua atau beberapa ruas tulang belakang menjadi satu. Disektomi adalah pengangkatan tulang belakang dan disektomi adalah penambahan bantalan pada tulang belakang.