Mengenal penyakit hipertensi atau darah tinggi dan cara pencegahannya

Hipertensi atau biasa kita menyebutnya dengan penyakit darah tinggi merupakan sebuah gangguan pada tekanan darah. Dimana tekanan darah seseorang mencapai 140/90 mmHg atau bahkan lebih.

Penyakit ini tidak mengenal kalangan usia, dari orang tua, dewasa bahkan sampai usia muda dapat mengalami penyakit darah tinggi. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit darah tinggi diantaranya, kurangnya olahraga, konsumsi garam berlebih, obesitas/kelebihan berat badan, dan tingkat stres yang tinggi.

Tanda-tanda penyakit darah tinggi dapat kita kenali dengan gejala yang dialami seperti vertigo/sakit kepala sebelah hampir setiap hari, pandangan berkunang-kunang, jantung berdebar-debar, cepat lelah dan sensitif/mudah marah.

hipertensi

Tentu kita tidak ingin mengalami penyakit darah tinggi tersebut. Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit darah tinggi:

 

1. Olahraga teratur: ada banyak olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit darah tinggi, salah satu yang bisa dilakukan semua kalangan umur adalah jogging atau jalan santai. Dengan melakukan jogging atau jalan santai dapat memudahkan oksigen masuk ke jantung sehingga membuat jantung lebih stabil.

 

2. Kurangi konsumsi garam dan perbanyak sayuran: normalnya konsumsi garam perhari adalah satu sendok teh. Maka konsumsi garam juga tidak boleh berlebihan agar tidak merusak sistem organ. Perbanyak konsumsi sayuran agar hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit darah tinggi.

 

3. Terapi kesehatan laser: salah satu cara untuk mencegah penyakit darah tinggi adalah dengan menggunakan jam tangan kesehatan dari Dr laser. Terapi menggunakan laser ini memperbaiki kinerja darah yang ada dalam tubuh anda. Pancaran sinar low laser yang dihasilkan dari perangkat dr laser dapat menjangkau pembuluh darah. Sehingga dapat membuat aliran darah di pembuluh darah dapat bekerja secara optimal.

 

Jangan sampai kita menyepelekan gangguan tekanan darah hipertensi/darah tinggi, sebab penyakit darah tinggi dapat mengakibatkan penyakit stroke. Dengan mengetahui penyebab terjadinya penyakit darah tinggi dan cara-cara yang pencegahannya setidaknya dapat menurunkan risiko terkena penyakit darah tinggi. Sekian artikel ini semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share kepada kerabat kamu yang membutuhkan info ini.