Informasi Seputar Batu Ginjal dan Cara Penanganannya

Untuk menjaga kesehatan sebaiknya kamu perlu mengetahui informasi seputar batu ginjal lebih dini di mana semua orang bisa mengalami penyakit yang satu ini. Dengan mengetahui informasi mengenai penyebab dan cara penanganannya, diharapkan kamu bisa lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan untuk antisipasi.

Dalam bahasa medis, penyakit ini disebut juga nefrolitiasis dan merupakan penyakit paling umum yang disebabkan karena dehidrasi dan menjalankan pola makan yang tidak sehat. Nefrolitiasis tersebut terbentuk ketika urine lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal dibanding cairannya sendiri.

Jadi batu ginjal bisa terjadi ketika tubuh kamu kekurangan zat yang harusnya mencegah terjadinya pengkristalan yang berasal dari mineral di dalam ginjal. Nefrolitiasis ini bisa terjadi sepanjang saluran urine, penderitanya akan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti tertusuk.

Apa yang Menyebabkan Tubuh Mengalami Nefrolitiasis?

Penyakit ini bisa dipicu oleh banyak hal atau banyak kondisi bahkan hal sepele seperti ketika kamu kurang minum air putih, obesitas atau berat badan berlebih hingga efek samping operasi pada organ pencernaan dan mengkonsumsi makanan yang terlalu asin secara berlebihan.

Batu ginjal sendiri dibagi menjadi beberapa jenis dan batu bisa berpindah, terutama untuk nefrolitiasis berukuran sangat besar yang artinya tidak selalu berada di dalam ginjal. Kondisi tersebut bisa menyebabkan iritasi saluran kemih dan jika tidak ditangani oleh awal sangat berbahaya.

Penyakit ini memang tidak bisa diabaikan karena ketika kamu sudah terdiagnosis, sebaiknya segera ditangani sedini mungkin agar tidak menimbulkan kerusakan permanen pada fungsi ginjal. Pada umumnya penyakit ini sering dialami oleh orang-orang berusia di atas kepala tiga yaitu rentang antara 30 sampai 60 tahun.

Jadi wajib sekali mengetahui informasi seputar batu ginjal agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan atau penyakit tersebut bisa mudah ditangani. Apalagi gejalanya juga sangat jelas dan mudah terdeteksi bahkan oleh orang awam sekalipun. Misalnya ketika kamu merasa sakit saat buang air kecil, urine sedikit atau anyang-anyangan.

Kamu juga perlu berhati-hati ketika warna urine sudah mulai keruh atau kecoklatan karena seharusnya urine sehat berwarna bening seperti air. Jika kamu merasa sakit disertai warna urine keruh atau tidak seperti biasanya maka segera hubungi dokter urologi untuk memastikan kesehatan ginjalmu.

Apa Saja Gejala yang Dirasakan dan Bagaimana Penanganannya?

Informasi seputar batu ginjal tidak akan lengkap jika kamu tidak mengetahui apa saja gejala dan bagaimana penanganan atau pengobatannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas di mana ada beberapa kondisi yang menjadi pertanda bahwa nefrolitiasis mulai muncul bahkan mulai membesar namun secara detail adalah:

  1. Sering kencing atau buang air padahal pasien merasa tidak begitu cukup minum
  2. Merasa sakit saat akan buang air
  3. Urine atau air seni yang keluar hanya sedikit bahkan tidak keluar sama sekali namun merasa ingin buang air
  4. Sering merasa anyang-anyangan dan tidak nyaman
  5. Warna urine sangat keruh bahkan cenderung kecoklatan
  6. Disertai dengan darah yang terkadang tidak terlihat karena partikel sangat kecil

Masyarakat memang lebih mengenal nefrolitiasis sebagai penyakit kencing batu dan untuk pengobatannya sendiri bisa disesuaikan dengan kondisi pasien. Biasanya pasien yang menderita kencing batu akan diberi obat-obatan tertentu, prosedur untuk memecahkan batu ginjal itu sendiri atau bedah terbuka.

Terkadang juga menggunakan prosedur lain tergantung ukuran, jadi sebaiknya segera kunjungi dokter yang dapat menangani sistem saluran kemih ketika bermasalah. Karena ketika nefrolitiasis tersebut dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi lainnya yang lebih membahayakan kesehatan sehingga penting mengetahui informasi seputar batu ginjal dan penanganannya.

 

Sumber : https://drandikauro.id/