Cek Apakah Sambiloto Adalah Herbal dengan Sejuta Manfaat Kesehatan?

Saat ini, pecinta produk herbal sedang gandrung dengan sebuah tanaman yang dianggap punya sejuta manfaat. Ya, sambiloto kian naik daun setelah banyak penelitian dilakukan pada tanaman ini. Sambiloto adalah tanaman yang telah teruji bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan yang serius sekalipun.

Sekilas Tentang Sambiloto

Sambiloto adalah tanaman obat yang berasal dari Asia tropika. Biasanya, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada wilayah dataran rendah. Tanaman ini memiliki nama latin Andrographis paniculata dan memiliki berbagai macam kandungan zat bermanfaat.

Sambiloto mengandung flavonoid, saponin, dan juga tanin. Selain itu, ada juga kandungan diuretika yang bisa melancarkan buang air kecil.

Pun, terdapat antipiretika untuk menurunkan suhu tubuh dan demam. Sedangkan senyawa kalium di dalamnya bisa menurunkan tekanan darah.

Biasanya, sambiloto lebih umum digunakan sebagai obat tradisional dalam bentuk jamu. Obat tersebut biasanya disebut dengan jamu pahitan. Hal ini dikarenakan sambiloto mempunyai rasa yang sangat pahit. Namun, jangan salah, khasiat sambiloto sangat besar untuk kesehatan.

Penelitian tentang Sambiloto

Manfaat daun sambiloto tidak hanya sebagai sesuatu yang “dipercaya” dan belum dibuktikan dalam penelitian. Melainkan sudah banyak studi tentang sambiloto ini. Beberapa akan dijabarkan di bawah ini :

1. Dalam suatu penelitian, dihasilkan bahwa sambiloto adalah tanaman yang mempunyai senyawa andrographolide. Senyawa ini mempunyai khasiat sebagai antibakteri. Selain itu, andrographolide ini bisa melawan berbagai penyakit karena bisa mengaktifkan sel limfosit B yang mampu memproduksi antibodi.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Balai besar Litbang Vektor dan Reservoir, ekstrak sambiloto bisa menjadi desinfektan bakteri Leptospira sp dengan dosis paling sedikit 1,56%.

Leptospira sp sendiri merupakan bakteri yang menyebabkan Leptopirosis. Yakni sebuah infeksi akut yang bisa menyebabkan komplikasi yang fatal di dalam organ.

2. Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh dr. Wening Sari M. Kes pada sidang disertasinya di FKUI, disebutkan bahwa sambiloto memiliki sifat laiknya obat antikanker. Nah, prinsip kerja dari antikanker ini adalah bisa menekan pertumbuhan serta proliferasi sel kanker aktif. Sehingga, kandungan andrografolida sangat mumpuni untuk dijadikan sebagai obat antikanker.

3. Penelitian lain juga menyebutkan jika sambiloto adalah herbal yang mampu mengatasi beragam penyakit seperti infeksi saluran empedu, hepatitis, tifoid, disentri basiler, influenza, abses paru, sakit gigi, radang usus buntu, dan sebagainya.

Tak hanya itu juga, sambiloto juga memiliki manfaat untuk penyakit berat seperti TB paru, kencing nanah, sesak napas, darah tinggi atau hipertensi, serta kehamilan anggur.

4. Efek farmakologis dari penelitian sambiloto juga menunjukkan khasiatnya terhadap Shingella dysentriae, pseudomonas aeruginosa, serta Escherichia coli. Sambiloto adalah tanaman yang efektif untuk mengobati infeksi in vitro, dimana air rebusannya bisa merangsang fagositosis pada sel darah putih.

Manfaat sambiloto untuk kesehatan

Cara Mengolah Sambiloto

Mengingat sambiloto adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat, maka kamu bisa mulai menggunakannya untuk mengatasi masalah kesehatan yang tercantum di atas. Nah, cara mengolahnya sendiri ada berbagai macam. Diantaranya adalah dijadikan ekstrak, digunakan dalam bentuk segar atau kering, serbuk, kapsul, tablet, dan sebagainya.

1. Herba Kering

Sambiloto bisa diproses setelah tumbuhan mulai berbunga. Kamu bisa memetik, lalu mencucinya. Kemudian dipotong kecil-kecil dan keringkan.

Sebanyak 10 hingga 20 gram herba kering bisa digiling halus. Kemudian, kamu seduh dengan air matang. Jika sudah, konsumsilah 4 hingga 6 kali dalam sehari.

2. Rebusan Sambiloto

Sambiloto adalah obat herbal yang bisa digunakan untuk tubuh bagian luar. Kamu bisa merebus daun sambiloto segar lalu pakai airnya untuk mencuci bagian yang sakit.

Demikian pembahasan tentang daun sambiloto yang memiliki banyak manfaat. Pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli herbal. Sebab, sambiloto adalah obat herbal yang tentu saja mengandung efek samping, Seperti yang diungkapkan dalam https://www.deherba.com/sambiloto-kapsul-untuk-pencegahan-covid-19.html.