6 Manfaat Susu Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui!

Susu merupakan minuman yang bisa dikonsumsi di semua kalangan umur, mulai dari anak-anak hingga lansia. Susu bisa dikonsumsi kapan saja, namun sebagian besar mengkonsumsinya saat pagi atau malam hari. Susu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi, mulai dari kalori, kalsium, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin K, natrium, kalium, dan magnesium. Terkait jenis susu, ternyata masih banyak jenis susu selain susu sapi yang bisa dikonsumsi diantaranya susu kambing, kuda, susu domba, sampai susu yang bukan berasal dari hewan mamalia seperti susu kedelai dan susu almond. Lalu apa sih manfaat susu bagi kesehatan? Temukan jawabannya di penjelasan berikut.

Menyehatkan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang. Mengkonsumsi susu secara rutin bisa membuat tulang menjadi sehat dan kuat serta terhindari dari penyakit osteoporosis.

Menjaga kesehatan gigi

Selain tulang, kandungan pada susu seperti kalsium dan fosfor  mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan gigi. Tak hanya itu saja, susu juga mengandung protein yang bernama kasien. Gunanya kasein ini ialah membentuk lapisan pelindung di atas enamel. Lapisan pelindung inilah yang akan menjaga gigi dari kerusakan.

 

Membantu menjaga berat badan

Susu juga terbukti bisa menjaga berat badanmu. Susu bisa dikonsumsi sebagai pengganti cemilan atau makanan. Nah bagi kamu yang ingin diet atau menurunkan berat badan, kamu bisa memilih meminum susu krem. Sebaliknya jika ingin menaikkan berat badan, kamu bisa memilih meminum susu full cream.

 

Membantu pembentukan otot

Tahukah kamu bahwa susu ternyata juga berperan penting dalam proses pembentukan otot? Hal itu tentu benar, sebab susu memiliki 2 jenis protein yaitu protein whey dan kasein. Kedua protein ini dikenal ampuh dalam membuat otot tubuh menjadi lebih besar dan kuat. Kandungan protein whey dalam susu memiliki sifat mudah dicerna dan dipecah menjadi asam amino yang nantinya akan mudah diserap dalam darah.

 

Menjaga kesehatan jantung

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa kandungan kalium pada susu sapi sangat blah berguna dalam menurunkan tekanan darah yang bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Dalam pemilihannya, pilihlah susu yang tidak mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol.

 

Mencegah terjadinya kanker

Manfaat lainnya dari susu lainnya ialah mencegah terjadinya kanker. Vitamin D yang ada pada susu terbukti bisa melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

Bagaimana, sudah tahu kan manfaat susu bagi kesehatan? Jangan lupa kunjungi website kesehatan lainnya https://synergyofficial.co.id/ .Semoga bermanfaat ya….