Ketahui 5 Penyebab  Munculnya Jerawat Batu yang Sangat Mengganggu!

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah jerawat mulai dari jerawat kecil hingga yang berukuran besar. Jenis jerawat juga bermacam-macam. Nah salah satu jenis jerawat yang paling mengganggu ialah jerawat batu. Jerawat batu bisa dialami saja, mulai dari remaja, orang dewasa hingga lansia yang memiliki tipe kulit berminyak. Jerawat batu memiliki bentuk seperti bisul, berisi nanah, benjolan putih besar, kemerahan, serta sakit ketika dipegang. Jerawat jenis ini tidak hanya bisa muncul di daerah wajah, namun bisa muncul di bagian tubuh lainnya misalnya dada, lengan, dan leher. Lalu sebenarnya apa sih yang menyebabkan timbulnya jerawat batu? Temukan jawabannya di bawah ini.

Perubahan hormon

Penyebab munculnya jerawat batu yang biasa dialami saat masa pubertas yaitu terjadi perubahan hormon.  Itu disebabkan karena kadar hormon androgen meningkat yang mengakibatkan meningkatnya pula produksi sebum dan pertumbuhan sel-sel kulit. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan hormon ialah menstruasi, kehamilan, control kelahiran, penggunaan obat terapi hormon, dan stress.

Menyumbatnya pori-pori

Selain perubahan hormon, tersumbatnya pori-pori juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat batu. Pori-pori dapat tersumbat karena timbulnya minyak pada wajah, kotoran, bakteri, serta penumpukan sel-sel kulit.

Faktor genetik

Penyebab munculnya jerawat batu lainnya ialah faktor genetik. Bisa saja dulu orang tua atau keluarga terdahulu  memiliki masalah jerawat. Maka memungkinkan sekali jika gen masalah jerawat tersebut diturunkan kepada anggota keluarga lainnya.

Penggunaan obat

Penyebab jerawat batu yang terakhir yaitu akibat penggunaan obat dan bahan kimia seperti litium, fenition, isoniazid, dan kortikosteroid. Bahan kimia tersebut diketahui dapat menyebabkan munculnya jerawat batu atau bahkan semakin memperburuk.

Nah setelah kita mengetahui apa saja penyebab dari jerawat batu, kini kita akan membahas secara ringkas bagaimana cara mencegah munculnya jerawat batu. Apa saja kah itu? Berikut pembahasannya.

Jangan terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah hanya dianjurkan  2 kali saja setiap harinya, yaitu ketika bangun tidur, dan sebelum tidur atau sesudah melakukan aktivitas olahraga.

Hindari menggosok wajah terlalu keras

Ketika mencuci wajah, jangan gosok wajahmu terlalu keras. Gosoklah secara perlahan dan lembut. Hindari juga pemakaian sabun abrasif dan astringent.

Hindari memencet jerawat batu

Ketahuilah bahwa memencet jerawat malah akan membuat jerawat semakin parah hingga terjadi iritasi.

Hindari menggunakan make up yang tebal

Saat ingin menggunakan make up, pilihlah makeup yang berbahan dasar air, berlabel ‘non komedogenik’ atau bebas minyak. Jangan lupa juga selalu membersihkan makeup sebelum pergi tidur.

Itulah beberapa penyebab serta cara mencegah timbulnya jerawat batu. Namun jika kondisi jerawat batu tergolong parah dan tak kunjung sembuh, segera pergi ke dokter kulit agar dilakukan penanganan yang tepat. Atau bisa juga menggunakan produk dari trulumsynergy.co.id Semoga bermanfaat!