Ukuran Video yang Cocok untuk Instagram

Tidak seperti YouTube atau Facebook yang menampilkan segala jenis format ukuran dan jenis video, instagram memiliki format tersendiri yang menentukan ukuran tertentu dan dengan rasio tertentu video bisa diupload.

Ada ukuran tertentu yang dapat diupload dan ada yang tidak. Jikapun dapat terupload, tentunya akan ada bagian yang terpotong atau kualitas video yang berkurang. Maka dari itu,penting untuk diketahui agar postingan anda dapat terlihat menarik, tidak ada bagian yang terpotong dan tidak menghasilkan video yang jelek.

Intinya jika anda mengetahui ukuran video yang cocok untuk instagram, maka postingan anda akan lebih menarik karena sedari awal anda telah mempersiapkan untuk ukuran yang cocok untuk instagram.

Instagram sendiri memiliki ukuran ideal yaitu 320 piksel sampai dengan 1080 piksel. Artinya apabila anda mengupload video dibawah 320 maka instagram akan otomatis melebarkan ukurannya dan demikian juga sebaliknya, apabila anda mengupload dengan ukuran 1080 piksel ke atas maka hasilnya akan diperkecil. Ini tentunya berefek pada kualitas yang dihasilkan video. Agar ini tidak terjadi, anda harus mengetahui berapa saja ukuran untuk beragam jenis postingan seperti Instagram stories, instagram live dan IGTV.

 

Rekomendasi ukuran Video yang Cocok untuk Instagram

Video hanya ada dua jenis postingan yaitu potrait dan juga landscape. Potrait adalah ukuran rasio 4:5. jika anda ingin mengunggah video dalam ukuran potrait maka anda sebaiknya mengupload dengan ukuran 1080 x 1350 piksel. Jika video anda lebih besar dari itu, jangan khawatir karena anda dapat memotongnya di instagram langsung.

Kemudian yang kedua adalah landscape. Yaitu ukuran 1,91:1. jika anda hendak mengupload dalam format ini maka ukuran yang ideal adalah 1080 x 680 piksel. Selain dalam rasio diatas, landscape juga tersedia dalam ukuran rasio 16:9.

 

Penutup

Itulah ukuran video yang cocok untuk instagram. Pastikan anda menggunakan format ukuran video seperti yang telah dijelaskan diatas agar video yang dihasilkan akan maksimal. Selamat mengupload konten di instagram. Pastikan anda memposting hal yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain ya. Cek artikel menarik lainnya disini.