Tips Aman Ambil Uang di ATM

Pernahkah kamu mengalami masalah saat ambil uang di mesin ATM ? Jika belum, bersyukurlah. Masalah umum yang bisa saja terjadi saat ambil uang di mesin ATM seperti : kartu ATM tertelan, uang tidak keluar, dan ada juga yang uang keluar hanya sebagian.

Saya pernah mengalami masalah yang lebih rumit. Ambil uang di ATM, uang hanya keluar sebagian, sebagian lagi uang masuk kembali ke mesin ATM. Dan uniknya, di rekening sudah terpotong dengan jumlah yang sama (cek pakai mobile banking).

atm

Jadi saya ambil uang Rp. 1.300.000,- yang keluar hanya Rp. 900.000,- yang Rp. 400.000,- masuk lagi ke mesin ATM. Satu lagi yang unik, uang keluar dengan cara yang tidak biasa. Jadi keluarnya nyembur dan uang berceceran jatuh di lantai.

Agak sedikit panik awalnya karena baru mengalami masalah seperti itu setelah sekian lama menggunakan mesin ATM.

Singkat cerita saya urus di kantor bank tempat saya menyimpan uang. Dan akhirnya uang dikembalikan tapi prosesnya agak lama. Sekitar 3 bulan sob..

Berikut tips aman ambil uang di ATM agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pilih mesin ATM sesuai rekening

Usahakan ambil uang di mesin ATM yang memang sesuai dengan Bank tempat kamu menyimpan uang. Ini penting karena jika terjadi sesuatu seperti masalah saya di atas, proses ngurusnya kemungkinan lebih mudah.

Pilih mesin ATM yang mempunyai pengamanan ganda

Menurut saya, mesin ATM yang di pinggir jalan itu lebih rawan ketimbang mesin yang ada di dalam ruangan. Lebih baik memang pilih ATM yang ada di dalam ya sob.. contohnya ATM yang ada di dalam Alfamart dan indomart. Lebih bagus lagi kalau ATM yang ada satpam atau securitynya seperti di bank atau pusat-pusat perbelanjaan.

Lihat kamera CCTV beberapa detik sebelum ambil uang

Saat terjadi masalah penarikan uang, dan kamu ngurus di kantor, masalahmu tidak akan langsung ditangani. Pihak bank akan melakukan investigasi terlebih dahulu. Kecuali masalah yang ringan ya seperti uang tidak keluar karena kesalahan sistem, paling 3-4 hari juga selesai, uang dikembalikan di rekening.

Tapi kalau kasusnya seperti yang saya alami di atas, prosesnya lebih panjang.

Nah.. salah satu bahan investigasi, mereka akan membuka CCTV yang ada di ATM. Dicocokin bener gak nih pada tanggal itu kamu ambil uang di ATM, nanti akan diverifikasi dari wajah hingga pakaian.

Kalau wajahmu terlihat dengan jelas di CCTV, ini akan memudahkan pihak bank dalam proses investigasi. Makanya saat di ATM jangan langsung ambil uang, lihat CCTV terlebih dahulu meski hanya beberapa detik.

Tips lainnya yang juga harus diperhatikan :

  • Tutup tanganmu saat menekan tombol PIN
  • Saat uang keluar, kamu harus hitung secara manual di depan ATM
  • Hitung uang dengan cara agak diangkat ke atas (supaya terlihat CCTV)
  • Simpan call center bank tempat kamu menyimpan uang
  • Jangan berikan PIN pada siapapun

Demikian informasi tentang tips aman ambil uang di ATM, semoga bermanfaat dan tetap berhati-hati ya sob.. buka juga kangmasian.com, dan dapatkan info menarik lainnya.