Maksimalkan Kolaborasi dengan Fitur Google Team Drive

Jika anda berlangganan paket G suite, ada kabar gembira buat anda, Google telah melaunching google team drive, yaitu sebuah fitur baru yang akan membuat kolaborasi team anda akan lebih maksimal. mari kita berkenalan dengan fitur team drive ini, fitur yang akan membuat kolaborasi team anda akan lebih maksimal

Apa itu Team Drive?

Team Drive adalah fitur terbaru dari google drive dimana anda bisa membuat tempat penyimpanan online di google drive yang dikhususkan untuk orang-orang yang anda pilih. Misalkan anda sedang menggarap sebuah proyek makan fitur ini bisa anda manfaatkan untuk berbagi, menyimpan, dan merubah dokumen atau file yang berkaitan dengan projek tersebut.

Dengan team drive orang-orang yang terdaftar dalam group dapat dipastikan dapat mengakses secara cepat dokumen atau file yang ada di dalamnya dan akan mendapatkan informasi terbaru kapanpun dan dimanapun. Selain itu Team drive juga didesain untuk penyimpanan pekerjaan yang dilakukan secara kolektif dan dikelola oleh administrator. Jadi semua file yang disimpan, otomatis otorikasi juga akan pindah ke admin. Bahkan jika pemilik file keluar dari team, file tidak akan hilang dan masih dapat diakses.

Team Drive juga mempunyai fitur advance control yang membuat team drive lebih aman dan lebih lengkap karena dengan fitur itu admin dapat memantau aktivitas yang dilakukan anggota sudah sejauh mana. di team drive ada 4 macam akses yang bisa digunakan oleh anggota:

Full Access

Fitur ini dapat digunakan member atau user dalam team drive untuk dapat melakukan berbagai aktivitas dalam team drive seperti edit, comment, upload bahkan bisa juga menghapus file yang ada. Full acces dimiliki secara otomatis oleh owner/administrator.

Edit Access

Member yang ada dalam folder team acces hanya bisa mengedit, comment, upload file, dan view. Anggota ini tidak dapat menghapus file di dalam drive.

Comment Access

Pada Fitur ini anggota hanya dapat memberikan komentar pada file tanpa diberikan akses untuk menghapus dan mengeditnya.

View Access

Fitur ini cocok untuk anggota yang dirasa hanya perlu melihat file saja tanpa bisa melakukan aktivitas yang lainnya.

 

Manfaat utama dari memakai team drive adalah kemampuannya untuk memusatkan aksesibilitas dan keamanan pada file penting anda.

Sumber : https://workspace.eikontechnology.com