Ide Usaha Jualan di Facebook Marketplace

Saat masih duduk di bangku sekolah, tepatnya SMK, ada seorang guru yang mengajarkan cara sukses usaha dengan rumus simple. Begini rumusnya.. Sedikit x Banyak x Lama x Konsisten. Ini sebenarnya rumus umum yang kalau diamati sudah dilakukan oleh kebanyakan pengusaha.

Sedikit itu maksudnya ada peluang keuntungan per item walau hanya sedikit. Banyak adalah fokus pada jumlah transaksi atau jumlah item. Lama artinya mempunya peluang untung dalam jangka waktu lama, sedangkan konsisten maksudnya rutin atau fokus pada satu bidang.

Nah.. dari penjelasan itu bisa ditarik kesimpulan.. usaha apa kira-kira itu ? yup’s usaha dagang atau berjualan.. kali ini saya akan share ide usaha jualan di facebook marketplace. Kali aja kamu minat.. usaha ini termasuk kategori minim modal ya..

 

Baca juga : cara jualan online di facebook

Aksesoris Hp

Cari teman atau tetangga kamu yang punya usaha bidang aksesoris HP (punya konter). Lihat stok barangnya. Sampaikan niat kamu mau jualan online dan mau coba pasarin barang-barang aksesorisnya.

Nah.. kalau diizinkan, sepakati harga belinya dan mulai foto-foto barang yang ada. Fokus barang yang memiliki nilai jual tinggi (kalau ada) seperti tripod hp, power bank, Tongsis dst.

Tanaman Hias

fb

Lihat kanan kiri tetanggamu atau lingkungan sekitar, adakah yang punya tanaman hias unic yang memiliki nilai jual ?

Kalau dilingkungan saya, ada tetangga yang jualan bunga jenis aglaonema. Dia adalah agen besar sekaligus petaninya. Jadi fokusnya jualan bunga secara offline. Nah.. disinilah kesempatan saya. Apa yang saya lakukan ?? melakukan negosiasi untuk jualan online. Pastinya dapat harga lebih murah dan stok ada banyak.

Barang Pecah Belah

Konsepnya sama seperti penjelasan di atas. Cari kenalan yang punya toko besar atau lengkap barang pecah belah. Coba cari produk-produk unic yang mungkin belum banyak beredar di pasaran. Lakukan negosiasi. Jika deal, foto barang-barang yang ada dan pasarkan melalui facebook marketplace.

Apa contoh barang yang unic ? misalnya ada teko yang bentuknya beda dari biasanya, Mug yang cantik, apapun itulah.. biasanya barang-barang perlengkapan dapur.

Gak hanya barang unic, barang atau produk keluaran terbaru juga bisa kamu promosikan di facebook.

Jajanan Pasar

Khusus jajanan pasar ini target pembelinya harus yang terdekat dari tempat tinggal kamu ya. Tau sendiri.. makanan pasar tidak bisa bertahan lama.

Coba jalan-jalan ke pasar tradisional atau pasar yang memang banyak penjual jajanan. Coba beli dan rasakan.. enak gak ? kalau enak, minta nomor hp si penjualnya. Jangan lupa foto-foto jajanan pasarnya.

Lakukan negosiasi, bisa beli dalam jumlah banyak gak ? target kamu adalah mencari penjual yang memang memproduksi makanan itu, bukan agen kecil atau hanya distributornya.

Usaha UMKM terdekat

Apa itu UMKM ? Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Contohnya seperti Usaha kerajinan (rotan, hiasan, pernak pernik), makanan ringan (keripik, roti), pakaian (batik, kaos, sepatu, tas). Ada gak kira-kira yang model seperti itu ?

Fokus awal  usaha seperti ini adalah mencari produsen atau agen tangan pertama yang memiliki stok produk banyak dan tentunya harga miring. Setelah dapat baru, promosikan melalui facebook marketplace.

Demikian informasi tentang ide usaha jualan di facebook marketplace, semoga bermanfaat, dan.. buat kamu yang butuh info tekno bisa kunjungi pediansa.