Mengenal Sejarah Rubik dan Bagaimana Cara Penemunya Menyelesaikan Rubik Pertama Kali

Untuk kalian para pecinta rubik, tentu sudah tahu siapa penemu permainan yang satu ini kan? Rubik sendiri merupakan salah satu permainan yang bisa membantu kita untuk mengasah otak dan kemampuan. Sebab, untuk menyelesaikan permainan ini, kita memerlukan rumus atau algoritma yang bisa membantu kita dalam menyelesaikan setiap layernya. Tak heran jika banyak pemain rubik yang rela belajar dan menghafal rumus-rumus rubik agar bisa menyelesaikannya dengan waktu yang cepat. Nah, tapi apakah kalian tahu, bagaimana cara penemu rubik menyelesaikan permainan ini untuk pertama kalinya?

Sejarah Rubik

Rubik merupakan sebuah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan oleh seorang profesor asal Hongaria bernama Erno Rubik. Permainan ini ditemukan pada tahun 1974. Awalnya, rubik dibuat dengan tujuan untuk membantu para murid Erno Rubik dalam memahami konsep ruang dan tiga dimensi. Oleh karena itu, Erno Rubik membuat permainan rubik sebagai media pembelajaran. 

Rubik tersebut dibuat menggunakan bahan plastik dan terdiri atas 27 bagian yang dapat diputar. Setelah terpecahkan, rubik ini akan memiliki satu warna yang sama pada tiap permukaannya.

Lalu, rubik ini dirancang kembali dan dipasarkan di Eropa pada tahun 1980. Sejak saat itu, permainan rubik menjadi salah satu mainan yang paling banyak dibeli di dunia. Terdapat sekitar 300 juta rubik yang terjual beserta imitasinya.

Bagaimana Cara Erno Rubik Menyelesaikan Rubik Pertama Kali

Pada awalnya, Erno Rubik sangat pesimis terhadap permainan rubik yang telah Ia ciptakan. Apakah permainan ini dapat diselesaikan setelah teracak? Hal ini menunjukkan bahwa pencipta rubik bahkan tidak mengetahui bagaimana cara menyelesaikan permainan tersebut. Terlebih Erno juga pesimis apakah ada seseorang yang bisa memecahkan permainannya. 

Dengan memutarkan secara acak, Erno menyadari bahwa tindakan tersebut tidak akan membantunya menyelesaikan permainan ini dengan benar. Terlebih ada 43 triliun posisi rubik yang mungkin bisa teracak. Pada saat itu, peluang untuk menyelesaikannya dianggap mustahil.

Erno Rubik Membutuhkan Waktu 1 Bulan Untuk Menyelesaikannya

Setelah mencoba menemukan cara untuk menyelesaikan rubik. Akhirnya Erno Rubik menemukan solusinya. Proses penemuan solusi tersebut memakan waktu hingga 1 bulan. Setelah itu, barulah Ia menunjukkan kepada Ibunya dan kepada orang-orang jika Erno Rubik telah menemukan solusi dalam menyelesaikan permainan rubiknya.

Namun hingga saat ini, Erno Rubik tidak pernah menjelaskan mengenai metode ataupun algoritma yang digunakan saat menyelesaikan rubik untuk pertama kalinya. Hal tersebut masih menjadi rahasia sampai sekarang.

Di sisi lain, saat ini sudah ada lebih dari 350 juta rubik yang sudah terjual di seluruh dunia. Bahkan sudah muncul berbagai jenis rubik dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Hingga saat ini, sudah ada rekor dunia dalam menyelesaikan rumus rubik 3×3 hanya dengan waktu 3,47 detik.

Untuk kalian yang baru ingin mencoba permainan ini, jangan khawatir. Sudah ada banyak rumus dan algoritma yang tersebar di internet yang bisa kalian gunakan untuk menyelesaikan rubik. Jadi, tidak perlu takut lagi karena tidak bisa menyelesaikan permainan yang satu ini. Asah otak kalian dengan permainan rubik untuk meningkatkan skill dan ketangkasan kalian ya.