Jenis Kayu Yang Ringan Untuk Furniture

Kayu memiliki berbagai jenis karakter, ada yang ringan, berat maupun sedang. Serta karakter kayu sendiri memiliki ciri khas masing masing, ada yang berminyak dan berserat tebal, ada juga yang tidak berminyak dan berserat ringan. Dari warna juga ada yang coklat, putih, kehitaman dan juga kuning, semua tergantung jenis kayu itu sendiri.

Namun dalam prakteknya kayu yang sering digunakan untuk membuat produk furniture adalah jenis kayu yang ringan serta serat halus dan kuat tidak mudah pecah, hal ini karena agar hasil produk bisa digunakan untuk jangka panjang dan tidak cepat rusak, sayangkan udah bagus bagus tapi malah cepet rusak dan tidak bisa digunakan.

Khusus untuk mebel atau furniture kayu yang digunakan adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu trembesi, kayu mindi dan juga kayu merbau, hal ini karena memiliki karakter yang mudah dibentuk, diwarna dan juga jenis kayu yang bisa diperjual belikan, tidak dilindungi oleh pemerintah. Ini yang menyebabkan mengapa kayu diatas dibuat furniture.

Jenis jenis Kayu Yang Ringan Untuk Furniture

1. Kayu Jati

Kayu jenis ini paling terkenal dan paling banyak digunakan, hal ini karena kekuatan yang bisa bertahan ratusan tahun tidak rusak dan dimakan hama, serta mudah dibentuk menjadi berbagai model, bisa diukir dan juga bisa diwarna dengan mudah sesuai yang diinginkan.

2. Kayu Mahoni

Untuk kayu mahoni sendiri biasanya dibuat untuk produk classic furniture dengan ukiran full di produknya, serta diwarna duco seperti gold, putih, cream dan lainnya, pokoknya untuk produk classic mewah. Hal ini karena karakter kayu yang tidak berminyak dan memiliki serat halus, sehingga bila diwarna tidak mengeluarkan getah minyak.

3. Kayu Mindhi

Jenis kayu yang digunakan untuk berbagai model kursi, namun yang  paling utama adalah kursi retro, vintage dan scandinavian. Biasanya diwarna finishing natural karena serta yang dan motif yang besar sehingga cantik diwarna alami, tidak cocok untuk lemari karena karakter kayu bila disambung mudah pecah.

4. Kayu Jati Belanda

Dalam pewarnaan biasanya dibakar maupun di biopolish untuk menampilkan serat kayunya, karena akan cantik bila serta kayu nya terlihat jelas, biasa dibuat untuk frame pigura, rak hias, dan lainnya, karakter lebih cepat rusak dan mudah patah.

5. Kayu Trembesi

Berbagai produk dihasilkan dari kayu ini, seperti meja makan alami, kursi alami, dan meja kursi alam, serta patung, biasanya dibuat furniture dengan ukuran alami dan tebal, karena karakter kayu yang mudah pecah, sehingga produk yang dihasilkan dari kayu ini memiliki ketebalan papan yang lebih dari 7 cm an biasanya.

6. Kayu Merbau

Cocok sekali untuk kusen dan pintu, karena serta halus dan ringan, banyak digunakan sebagai kusen dan pintu minimalis di berbagai rumah dan apartemen, asal kayu dari kalimantan ini memiliki harga yang cenderung lebih murah.

7. Kayu kelapa

Khusus kayu kelapa digunakan sebagai gazebo dan rumah kayu, hal ini banyak digunakan oleh pengrajin jepara untuk membuat gazebo taman dari kayu kelapa, yang berkualitas adalah kayu kelapa sulawesi karena umur kayunya sudah tua serta keras.

Demikian penjelasan singkat mengenai berbagai jenis kayu ringan, untuk anda yang menginginkan produk furniture asli jepara bisa berkunjung ke toko online https://dewamebel.com yang menjual dan memasarkan hasil produksinya secara langsung, dengan tujuan memberikan anda solusi untuk memiliki produk furniture kayu asli jepara.