Ringkasan Singkat dari Pencetakan dan Penerbitan Majalah

Konsep Majalah

Majalah ini dikembangkan sebagai tanggapan untuk mengkomunikasikan pandangan tentang subjek khusus ke berbagai konsumen. Majalah ini bermula sebagai produksi yang relatif kecil tetapi kini telah memperoleh status internasional dan mendapat pujian terutama di dunia mode dan musik.

Majalah akan datang dalam berbagai format, tetapi umumnya tidak lebih dari 100 halaman. Daya tarik majalah ini terletak pada biaya produksinya yang rendah.

Contoh-contoh penting dari majalah ini termasuk “Time Magazine” yang didistribusikan secara global ke pembaca lebih dari 25 juta orang dan “People Magazine” yang telah dikenal untuk menarik hingga 51,7 juta tampilan halaman per hari di situs webnya.

Kelahiran Majalah

teknik cetak buku majalah yang bagus
teknik cetak buku majalah yang bagus

Di Inggris, majalah konsumen pertama kali adalah ‘The Scots Magazine’, diterbitkan pada 1739. Publikasi menarik Skotlandia sangat populer, ‘The Scots Magazine’ masih terbit hingga hari ini dan merupakan contoh utama dari daya tarik berkelanjutan dari majalah.

Di London, ‘The Gentleman’s Magazine’ awalnya diterbitkan pada 1731 dan secara luas dianggap sebagai majalah dengan tema umum pertama. Pemimpin redaksi, Edward Cave, berupaya memberi topik menarik kepada masyarakat yang berpendidikan, mulai dari harga komoditas hingga puisi Latin. Cave diyakini adalah yang pertama kali menciptakan istilah ‘majalah’ dan menemukan ceruk pasar bahan baca sekali pakai yang diperbarui secara teratur dan menarik bagi masyarakat luas.

Majalah ini sekarang adalah industri jutaan pound. Rak majalah banyak sekali dan dipajang dari supermarket sampai ke apotek. Anda dapat menemukan berbagai topik majalah, dan dengan berlangganan Anda dapat memastikan majalah Anda akan dikirimkan ke rumah Anda setiap minggu / bulan.

Ada rata-rata 2.600 majalah terjual per menit di Inggris, menunjukkan bahwa majalah ini telah berkembang pesat. Bagaimana dengan Indonesia???

Dengan dimulainya era digital juga berarti bahwa majalah dapat diproduksi dalam format digital. Ezines – atau majalah elektronik telah membuka jalan untuk membuat informasi dalam sebuah buku semakin banyak tersedia.

Pengiklan dan pelanggan mendanai biaya produksi majalah tetapi biaya pencetakan sebenarnya relatif rendah, pertimbangkan kualitas dan kuantitas yang disediakan. Mari kita lihat beberapa proses utama yang ada dalam pencetakan majalah:

Proses Pencetakan Majalah

Pencetakan majalah jelas lebih murah saat menerima pesanan pencetakan dalam jumlah besar. Persentase yang signifikan dari daya tarik majalah terletak pada kemasannya yang menarik. Kertas mengkilap dan gambar resolusi tinggi menarik pembaca dan menempatkan majalah pada status barang bacaan mewah sehingga proses percetakan majalah ini menjadi sangat penting.

Pertama, cetak offset. Teknik ini digunakan dalam pencetakan majalah berkat pengaturannya yang cepat, kualitas gambar yang tinggi, dan biaya rendah. Pencetakan offset melibatkan pemindahan gambar bertinta dari plat ke karet. Ini ditransfer lagi ke berbagai media cetak melalui berbagai rol. Buat anda yang perlu cetak majalah offset, anda bisa mendatangi kantor percetakan buku dan majalah seperti Famous Printing Surabaya

Kedua, pencetakan rotogravure – Metode ini dikenal semacam proses pencetakan intaglio, yaitu ketika gambar diinsisi ke permukaan, atau plat, di mana area yang diinsisi akan mempertahankan tinta yang menghasilkan kemampuan untuk mencetak. Insisi, atau ukiran ini sering diterapkan pada media silinder yang kemudian diroll untuk pencetakan kertas. Rotogravure juga dapat menghasilkan gambar dan teks dengan tingkat kecepatan volume tinggi dan karenanya ideal untuk pencetakan majalah.

Peran Majalah di Masa Depan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, majalah digital tampaknya akan menjadi populer di masa depan. Pengguna dapat menyimpan ratusan majalah di perangkat elektronik serta dapat langsung membeli barang yang diiklankan. Munculnya tablet dan perangkat membaca digital membawa majalah ke dunia yang penuh peluang baru.

Kemampuan untuk membuat ezine Anda sendiri menjadi lebih menguntungkan daripada sebelumnya karena pengguna dapat secara khusus mencari informasi dan memberikan pengetahuan ahli kepada mereka yang tertarik.

Kesimpulannya, di masa depan majalah masih format yang sangat populer yang memanjakan pembacanya baik majalah cetak maupun digital, semuanya didesain berkualitas tinggi sehingga tampak mewah.