Melihat Peluang Bisnis Kue Kekinian

Melihat Peluang Bisnis Kue Kekinian – Semua orang tentu mempunyai hobi makan, karena itulah bisnis kuliner tidak akan pernah surut selama orang-orang masih melakukan aktivitas makan. Aktivitas makan sendiri di zaman sekarang ini juga tidak lagi hanya identik sebagai keharusan untuk bertahan hidup tetapi sudah berubah menjadi tren lifestyle yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Hal inilah yang mendorong perkembangan bisnis kuliner tidak melulu soal makanan berat tapi juga makanan ringan seperti kue dan dessert.  Berawal dari fenomena tersebut, pada tahun 2017 mulai banyak bermunculan bisnis kue dengan tampilan yang instagrammable dan rasa yang unik atau yang dikenal sebagai kue kekinian.
 
 
Bisnis kue kekinian ini sendiri dipelopori oleh para selebritis kenamaan tanah air dan langsung menjadi buah bibir bagi masyarakat kebanyakan.  Beberapa diantaranya toko kue Gigieat milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Princess Cake yang didirikan oleh Syahrini atau Cirebon Kelana milik Ussy Sulistiawati.
 
 bisnis kue kekinian
 
Berbagai Varian Kue Kekinian
Biasanya kue kekinian ini selalu dipadankan dengan topping atau filling yang tidak jauh dari cokelat, keju, green tea, atau taro alias ubi ungu. Selain itu juga kue kekinian ini juga muncul dengan beberapa varian ukuran mulai dari yang kecil dan dapat dilahap dengan sekali gigitan seperti macaron dan French Pastry atau ukuran loyang seperti Red Velvet dan Cheese Cake. Berikut jenis kue-kue yang biasa ditemukan di toko-toko kue kekinian
 
Choux Pastry
Choux Pastry adalah kue pastry pada umumnya yang terbuat dari bahan dasar sederhana seperti mentega, terigu, telur dan air dan diolah dengan cara dipanggang. Berasal dari Perancis, salah satu varian populer yang kita kenal di tanah air yaitu Profiterole atau yang kita sering kenal dengan nama kue sus. Biasanya kue sus ini diisi dengan whipping cream namun dengan perkembangan inovasi dan selera masyarakat, kue sus juga dapat diisi dengan cokelat atau dengan isian matcha. Selain Profiterole, Choux juga hadir dalam varian populer lain seperti Eclair atau Saint Honore yang bisa dinikmati bersamaan dengan kopi.
 
Brownies
Brownies adalah kue yang dilapisi oleh lelehan cokelat panggang yang bisa dinikmati sebagai penganan pelengkap minum cokelat panas. Kue yang lahir pada sekitar abad ke 19 di Amerika Serikat ini memiliki ciri khas yaitu memiliki irisan kacang almond di bagian topping-nya. Di Indonesia, kue ini identik dengan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke kota liburan macam Bandung dan Bogor. Berkat inovasi salah satu toko kue kekinian milik artis Fenita Arie, brownies juga dapat dipadukan dengan kacang mete yang dikemas dengan nama Brownte.
 
Strudel 
Jika Choux adalah pastry yang berbentuk one-size bite, maka strudel adalah kue pastry yang disajikan dalam bentuk loyangan. Selain memiliki bentuk yang berbeda, Strudel juga memiliki asal usul yang berbeda yaitu berasal dari Turki atau lebih tepatnya dari Ottoman yang diadopsi oleh Kerajaan Hapsburg Jerman-Austria. Strudel sendiri pada masa awal terciptanya sudah menggunakan apel sebagai isian yang oleh karenanya sering disebut juga sebagai Apfelstrudel. Di Indonesia sendiri, Strudel menjadi kue yang sangat populer di kota Malang, Jawa Timur, maklum saja karena kota ini memang terkenal sebagai daerah penghasil apel dengan brand Apel Malangnya. Tak pelak romansa kue Strudel dan kota Malang ini coba diangkat oleh salah satu selebritis nasional yaitu Teuku Wisnu yang membuka usaha kue kekinian Malang Strudel. 
 
Bolu Gulung
Bolu Gulung atau Swiss Roll Cake merupakan salah satu kue yang paling digemari di Indonesia. Kue bolu yang digulung setelah selesai dipanggang ini berasal dari daerah Pegunungan Alpen Swiss dan Austria yang kemudian menyebar tidak hanya ke sesama wilayah Eropa namun juga hingga ke Hong Kong, India, dan tentu saja Indonesia. Salah satu toko bakery recommended di Indonesia yang menyajikan kue ini adalah Velavinka Bakery  yang memiliki varian andalan bolu gulung keju yang gurihnya bisa dibilang epik. Selain bolu gulung keju, toko bakery Velavinka Bakery ini juga berinovasi dengan menyajikan varian abon gulung yang rasanya tidak kalah dengan gerai-gerai besar yang menjual produk yang sama.
 
Baca juga : pabrik roti kasino terbesar
 
Tips Membangun Bisnis Kue Kekinian
Membangun bisnis kue kekinian dapat dilandasi sekedar hobi untuk membuat kue, namun untuk menjalankannya, pembaca memang harus berusaha sedikit. Bagi pembaca yang berniat memulai bisnis kue kekinian, ada baiknya memperhatikan kiat yang tidak hanya ditujukan untuk memulai tapi juga survive di bisnis kue kekinian selain kekuatan modal yaitu
 
Kelihaian Menangkap Potensi Pasar
Salah satu hal yang identik dari menjamurnya bisnis kue kekinian ala para artis tersebut adalah kepandaian mereka menciptakan kekuatan brand. Selain bermodalkan citra sebagai artis, rata-rata mereka juga mengasosiasikan bisnis kue kekinian mereka dengan daerah dimana bisnis mereka berdiri. Seperti misalnya contoh di atas ketika Teuku Wisnu memberi nama usahanya yaitu Malang Strudel karena kepopuleran apel asal kota Malang yang menjadi bahan baku Strudel atau bagaimana memadukan makanan yang sedang trending seperti Jeruk Yuzu menjadi salah satu bahan kue kekinian. 
 
Membuat yang Berbeda
Inti dari bisnis kue kekinian adalah variasi dan inovasi. Ciptakan varian rasa yang mengundang keingintahuan orang banyak namun tetap dapat dinikmati, seperti misalnya Banana cake yang memasukkan pisang menjadi varian rasa dari suatu kue. 
Jangan lupakan Promosi 
 
Inti dari bisnis adalah bagaimana mengemukakan produk kepada calon pembeli. Di era digitalisasi ini promosi dengan menggunakan media sosial adalah suatu keniscayaan berkat jangkauannya yang sangat luas, atau anda bisa membangun website seperti yang dilakukan oleh gerai Velavinka Bakery dengan websitenya Velavinkabakery.com yang menyajikan berbagai produk andalannya yang diperlengkapi dengan fitur order langsung. Beberapa produk yang sedang booming dan di cari banyak orang adalah kue soes dan roti tawar bandungnya. Berawal dari coba  coba dan ternyata banyak peminatnya akhirnya menjual roti tawar bandung dan soes secara lebih serius.
 
Demikian seluk beluk mengenai bisnis kue kekinian yang sedang naik daun. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan dunia kuliner karena perubahan trend pada bisnis ini memang sangat cepat jika ingin usaha tetap eksis.