Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Biaya Pembuatan Sumur Bor

Tak bisa dipungkiri, bahwa air memang merupakan sumber kehidupan bagi manusia sehingga keberadaan air memang sangat dibutuhkan. Untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya maka dibutuhkan sumber air yang bersih dan layak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh sumber air tersebut yaitu melalui pembuatan sumur bor. Meskipun pembuatan sumur bor memang sudah umum dilakukan tetapi pembuatan sumur bor membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika anda menggunakan jasa pembuatan sumur bor profesional maka harga jasa pembuatan sumur bor harus anda perhitungkan dengan baik.

Ketika anda akan membuat sumur bor maka pastikan memilih jasa pembuatan sumur bor yang terpercaya dan profesional. Selain itu pertimbangkan juga harga jasa tersebut dengan melakukan perbandingan dari beberapa jasa yang sama. Selama ini mungkin belum banyak masyarakat yang tahu bahwa harga jasa pembuatan sumur bor bisa berbeda untuk masing-masing wilayah. Untuk itulah sebelum menggunakan jasa sumur bor sebaiknya tanyakan terlebih dahulu serta konsultasikan pembuatan sumur bor sehingga anda bisa memperoleh gambaran harga yang jelas. Sebagai bahan pertimbangan berikut akan dijelaskan faktor yang berpengaruh pada harga pembuatan sumur bor.

harga jasa pembuatan sumur bor

1. Lokasi atau Wilayah Pembuatan Sumur Bor

Faktor yang berpengaruh terhadap harga pembuatan sumur bor yaitu lokasi atau wilayah pembuatan sumur tersebut. Biasanya semakin jauh lokasi dengan kantor domisili jasa sumur bor maka besarnya harga jasa juga menyesuaikan. Namun harga tersebut sepertinya bukan menjadi masalah yang bila hasilnya berjalan lancar dan sesuai harapan.

2. Tingkat Kesulitan Kontur Tanah

Tingkat kesulitan kontur tanah lokasi sumur bor juga akan berpengaruh pada harga jasa sumur bor. Masing-masing wilayah di Indonesia mempunyai tingkat kekerasan batuan yang berbeda. Kondisi bebatuan tersebut ada yang kekesannya rendah dan ada yang sangat keras. Jika kondisi tanah bebatuan tersebut semakin sulit maka harga jasa pembuatan sumur juga lebih mahal.

3. Diameter Casing Sumur Bor

Harga jasa pembuatan sumur juga dipengaruhi oleh diameter casing yang disesuaikan dengan ukuran diameter pipa dari saluran air tersebut. Semakin besar ukuran dari diameter casing tersebut, maka biaya yang dibutuhkan juga semakin besar.

4. Kedalaman Sumur Bor

Kedalaman sumur bor juga berpengaruh pada harga jasa sumur bor. Sebab semakin dalam sumur bor maka dibutuhkan peralatan yang semakin canggih dan tingkat risikonya juga semakin besar. Namun harga tersebut bisa anda negosiasikan dengan jasa pembuatan sumur bor.

5. Kualitas Material Bahan Saluran Pipa Serta Perlengkapan Lainnya

Harga jasa sumur bor juga dipengaruhi oleh kualitas material bahan saluran pipa serta perlengkapan lainnya. Umumnya jasa pembuatan sumur bor di Indonesia menawarkan harga paket maupun non paket. Bila anda memilih harga non paket maka anda bisa memilih sendiri kualitas saluran pipa serta perlengkapan yang dibutuhkan. Pastikan anda memilih bahan yang berkualitas agar lebih tahan lama namun tetap sesuaikan budget.

Itulah tadi penjelasan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh pada harga jasa pembuatan sumur bor yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang berencana membuat sumur bor dan ingin mempersiapkan budgetnya maka silakan pertimbangkan hal-hal di atas. Selain itu tanyakan secara langsung pada jasa pembuatan sumur bor untuk dapatkan informasi harga yang lebih jelas.